PEMBELAJARAN TARI BEDANA UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI 2 METRO SELATAN

Meyche Komara Deskarita, Agung Kurniawan, Dwiyana Habsary

Abstract


This study discusses the learning of Bedana Dance for students with special needs in inclusive education at SD Negeri 2 Metro Selatan. This study uses descriptive qualitative methods that describe the data obtained in the field. The theory used is behavioristic. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. The data source is the teacher and three students with special needs: mental retardation, slow learning and dyslexia. In the learning process the teacher conveys material using five methods: the demonstration method, exercises, lectures, games and gift giving. The results of this dance learning show that the three students are increasingly interested and increasing and understanding the material provided by the method which is done slowly and repeatedly.

 

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Tari Bedana untuk siswa berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif di SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan data yang diperoleh di lapangan. Teori yang digunakan adalah Behavioristik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yakni guru dan tiga orang siswa berkebutuhan khusus yaitu tunagrahita, lamban belajar dan disleksia. Pada proses pembelajaran guru menyampaikan materi dengan menggunakan lima metode yaitu, metode demonstrasi, latihan, ceramah, permainan dan pemberian hadiah. Hasil pembelajaran tari ini menunjukkan bahwa ketiga siswa tersebut semakin tertarik dan meningkat serta memahami materi yang diberikan dengan metode yang dilakukan secara perlahan dan berulang-ulang.

 


Kata kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Inklusif, Pembelajaran, Tari Bedana,


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 413 Hlm.

Efendi, M. (2008). Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara. 169 Hlm.

Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. 244 Hlm.

Mustika, I W. (2013). Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Lampung: AURA. 180 Hlm.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran