PEMBELAJARAN TARI CANGGET MEGOU PAK TULANG BAWANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SMA NEGERI 3 MENGGALA

Ucha Nia Gusna, Hasyimkan hasyimkan, Agung kurniawan

Abstract


This study aims to find out how the process and learning outcomes of the Tulang Bawang cangget megou pak dance in extracurricular activities at SMA Negeri 3 Menggala use behavioristic theory. This type of research is a qualitative descriptive which describes the process and results of dance
learning using the demonstration method. Data collection techniques use observation, interviews, documentation and practice tests, data analysis by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The learning process of the cangget dance is carried out by the demonstration method steps. The practice test assessment instrument includes 4 aspects, namely the form of motion, memorization of motion, suitability of motion with music and expression when dancing. The learning outcomes of cangget dance are categorized as good.


Keywords: Learning, cangget dance, extracurricular


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari canggemegou pak Tulang Bawang pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Menggala menggunakan teori behavioristik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari dengan menggunakan metode demonstrasi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik, analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran tari cangget megou pak Tulang Bawang dilakukan dengan langkah-langkah metode demonstrasi memberikan pengertian teori, mencontohkan dan penghafalan ragam gerak, pembagian kelompok juga pengambilan nilai secara kelompok. Instrumen penilaian tes praktek meliputi 4 aspek yaitu bentuk gerak, hapalan gerak, kesesuaian gerak dengan musik dan ekspresi saat menari. Proses dan hasil pembelajaran tari cangget dalam katagori baik.


Kata kunci : Pembelajaran, Tari cangget, Ekstrakurikuler.


Full Text:

PDF

References


Mustika, I Wayan. 2013. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: AURA.

Martiara. Rina.2012. Nilai dan norma budaya lampung dalam sudut pandang strukturalisme. Yogyakarta. Insitut seni Indonesia Yogyakarta

Sugiono. 2008.Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta:Alfabeta

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sugioyono, 2012. Metodelogi penelitian pendidikan. Bandung. Alfabeta

WinarnoMoedjiono. 2005. Metode demonstrasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran