pembelajaran tari muli siger menggunakan media audio-visual pada ekstrakurikuler di smk muhammadiyah 1 pringsewu

atika nur tsabita, susi wendhaningsih, hasyimkan hasyimkan

Abstract


Research on the use of audio-visual media and the learning process of muli siger dance in extracurricular activities at SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu. This research was conducted to describe the learning process of muli siger dance using audio-visual media. This type of research is descriptive qualitative. The theory used is the theory of constructivism. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. The results of the study there are 6 aspects of the use of audio-visual media, aspect of students observing the muli siger dance video, aspect is the seriousness of students in participating in the learning of muli siger dance, aspect is the activeness of students in asking questions, aspect is understanding the range of motion material in the learning of muli siger dance given by the teacher, aspect is students 'enthusiasm in using media, the sixth aspect is students' ability to utilize learning media. Student learning outcomes in learning muli siger dance get good assessment criteria.

 

Penelitian mengenai penggunaan media audio-visual dan proses pembelajaran tari muli siger pada ekstrakurikuler di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari muli siger menggunakan media audio-visual. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat 6 aspek penggunaan media audio-visual yaitu siswa mengamati video tari muli siger, keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran tari muli siger, keaktifan siswa dalam bertanya, pemahaman materi ragam gerak pada pembelajaran tari muli siger yang diberikan oleh guru, antusias siswa dalam menggunakan media, aspek keenam kemampuan siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari muli siger mendapat kriteria penilaian baik.

 

Kata kunci: Pembelajaran, Media audio-visual, Tari Muli Siger.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada. 350 hlm.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. 298 hlm.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA. 320 hlm.

Mustika, I Wayan. (2012). Tari Muli Siger. Lampung: Anugrah Utama Rahrja (AURA). 106 hlm.

Karwono, Mularsih. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada. 198 hlm.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta. 334 hlm.

Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 446 hlm.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan rofesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 255 hlm.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 309 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran