Pembelajaran Gerak Tari Halibambang Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SDN 3 Perumnas Way Kandis
Abstract
This study aims to describe the learning range of halibambang dance motion on extracurricular activities dance in SDN 3 Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung. This research uses descriptive method through qualitative approach that refer to behavioristic theory. The data sources in the study were teacher and 10 students who followed the extracurricular activities of dance art. Data collection techniques in this study are observation, interview and documentation. The implementation of the learning activities of teachers to give the material motion halibambang dance on students. Based on the result of learning the range of motion halibambang dance shows that students are able to demonstrare the range of motion halibambang dance in accordance with what is taught by the teacher.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran gerak tari halibambang pada kegiatan ektrakurikuler di SDN 3 Perumnas Way Kandis Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang mengacu pada teori behavioristik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 10 siswa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru memberikan materi gerak tari halibambang pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembelajaran gerak tari halibambang menunjukan bahwa siswa mampu memeragakan setiap gerak tari halibambang sesuai dengan yang diajarkan oleh guru.
Kata kunci: Ekstrakurikuler, Pembelajaran, Tari Halibambang
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mustika, I Wayan. 2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: AURA.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Fakor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Afabeta.
Tim. 2001. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: AURA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.