Pembelajaran Gerak Tari Muli Siger Menggunakan Metode Latihan untuk Meningkatkan Psikomotorik Siswa MTs Negeri 1 Bandar Lampung
Abstract
Metode latihan merupakan suatu cara mengajar yang menuntut siswa untuk melaksanakan kegiatan dengan latihan secara berulang-ulang yang bertujuan untuk meningkatkan ketangkasan atau keterampilan yang lebih baik. Penelitian yang dilakukan di MTs Negeri 1 Bandar Lampung dilakukan untuk melihat bagaimana proses dan hasil pembelajaran gerak tari Muli Siger mengunakan metode latihan (drill metodh) yang mengacu pada teori behavioristik dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari proses pembelajaran tari Muli Siger dengan menggunakan metode latihan (drill metodh) di MTs Negeri 1 Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata 85 dengan kriteria baik sekali. Peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 95 dengan kriteria baik sekali, dan nilai terendah mendapatkan nilai 75.
Kata kunci: Metode Latihan (drill metodh), Tari Muli Siger
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Tria. (2017). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Kreasi pada Anak Kelompok di TK Martapura Oku Timur. Jurnal Tumbuh Kembang, 4(2), 1-13.
Diana, Nona. (2018). Strategi Pembelajaran Tari Muli Siger di Smp Negeri 27 Bandar Lampung. Jurnal Seni dan Pembelajaran. 6(3), 1-7.
Hajar, Siti. (2008). “Hubungan Kemandirian Belajar dan Kretivitas Seni Tari dengan Minat Belajar Mata Kuliah Koreografi di ISI Surakarta”. Pendidikan Seni Tari. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Nurmaulidya, Erine. (2013). Kegiatan Ekstrakulikuler dan Pembentukan Soft Skill Peserta Didik di SMA. Jurnal Studi Sosial, 1(1), 1-12.
Pamadhi, Hajar. (2012). Pendidikan Seni. Yogyakarta: UNY Press. 270hlm.
Purnomo, Edy. (2016). Dasar-dasar dan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Medika Akademi. 165hlm.
Sanjaya, Yovi. (2019). Evaluasi Pembelajaran Gerak Tari Muli Siger Menggunakan Anates di SMA Al-Huda Lampung Selatan. Jurnal Seni dan Pembelajaran. 18(1), 1-8.
Sinar Grafika, Redaksi. (2011). Undang- Undang Sikdiknas (SistemPendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika. 227hlm.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta. 367 hlm.
Thobroni dan Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 356hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran