Pembelajaran Gerak Tari Muli Siger Menggunakan Metode Latihan untuk Meningkatkan Psikomotorik Siswa MTs Negeri 1 Bandar Lampung

Riska Aulia, Agung Kurniawan, indra bulan

Abstract


The training method is a way of teaching that requires students to carry out activities with repetitive practice aimed at increasing dexterity or better skills. Research conducted at MTs Negeri 1 Bandar Lampung was conducted to see how the process and results of the Muli Siger dance learning process used drill methods that refer to behavioristic theories and used qualitative descriptive research types. The data obtained is done by observation, interview, and documentation. The results of the muli siger dance learning process using drill methods in MTs Negeri 1 Bandar Lampung obtained an average value of 85 with excellent criteria. Students who get the highest score is 95 with excellent criteria, and the lowest score gets a score of 75.

Metode latihan merupakan suatu cara mengajar yang menuntut siswa untuk melaksanakan  kegiatan dengan  latihan secara berulang-ulang yang bertujuan untuk meningkatkan ketangkasan atau keterampilan yang lebih baik. Penelitian yang dilakukan di MTs Negeri 1 Bandar Lampung dilakukan untuk  melihat bagaimana proses dan hasil pembelajaran gerak tari Muli Siger mengunakan metode latihan (drill metodh) yang mengacu pada teori behavioristik dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari proses pembelajaran tari Muli Siger dengan menggunakan metode latihan (drill metodh) di MTs Negeri 1 Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata 85 dengan kriteria baik sekali. Peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 95 dengan kriteria baik sekali, dan nilai terendah mendapatkan nilai 75.

 

Kata kunci: Metode Latihan (drill metodh), Tari Muli Siger



Full Text:

PDF

References


Agustina, Tria. (2017). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Kreasi pada Anak Kelompok di TK Martapura Oku Timur. Jurnal Tumbuh Kembang, 4(2), 1-13.

Diana, Nona. (2018). Strategi Pembelajaran Tari Muli Siger di Smp Negeri 27 Bandar Lampung. Jurnal Seni dan Pembelajaran. 6(3), 1-7.

Hajar, Siti. (2008). “Hubungan Kemandirian Belajar dan Kretivitas Seni Tari dengan Minat Belajar Mata Kuliah Koreografi di ISI Surakarta”. Pendidikan Seni Tari. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Nurmaulidya, Erine. (2013). Kegiatan Ekstrakulikuler dan Pembentukan Soft Skill Peserta Didik di SMA. Jurnal Studi Sosial, 1(1), 1-12.

Pamadhi, Hajar. (2012). Pendidikan Seni. Yogyakarta: UNY Press. 270hlm.

Purnomo, Edy. (2016). Dasar-dasar dan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Medika Akademi. 165hlm.

Sanjaya, Yovi. (2019). Evaluasi Pembelajaran Gerak Tari Muli Siger Menggunakan Anates di SMA Al-Huda Lampung Selatan. Jurnal Seni dan Pembelajaran. 18(1), 1-8.

Sinar Grafika, Redaksi. (2011). Undang- Undang Sikdiknas (SistemPendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika. 227hlm.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta. 367 hlm.

Thobroni dan Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 356hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran