Penggunaan Media Audio-Visual Pada Pembelajaran Tari Bedana di SMA Negeri 1 Penengahan Lampung Selatan
Abstract
This study discusses the use of audio-visual media in Bedana dance learning at SMA Negeri 1 Penengahan. This study was conducted to describe the use of audio-visual media and learning outcomes of Bedana dance by referring to the constructivist theory and used qualitative descriptive. The data were collected through observation, interviews and documentation. The use of audio-visual media was carried out by conveying information through video and the video used was interactive, the student then observed videos together, mentioned names of various types of motion, practiced various types of motion, and performed tests. The student’s learning outcomes in Bedana dance obtained poor criteria with the mean score 59.51
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media audio-visual pada pembelajaran tari Bedana di SMA Negeri 1 Penengahan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio-visual dan hasil belajar tari Bedana dengan mengacu pada teori konstruktivistik dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan media audio-visual dilaksanakan dengan menyampaikan informasi melalui video dan video yang digunakan bersifat interaktif, siswa mengamati video secara bersama, menyebutkan nama ragam gerak, mempraktikan ragam gerak, dan melakukan tes. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari Bedana mendapatkan kriteria kurang baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 59,51.
Kata kunci: Media Audio-Visual, Pembelajaran, Tari Bedana
References
Arsyad, Azhar (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 243 hlm.
Sadiman, Arif, Rahajo, Anung Haryono, & Harjito. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajagrafindo Persada. 332 hlm.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta. 456 hlm.
Sudjana dan Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 209 hlm.
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: PT Remaja. 260 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran