Pembelajaran Tari Sigekh Penguten Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Kelas V SD Negeri 2 Banyumas Pringsewu
Abstract
This study discussed the learning of sigekh penguten dance by using demonstration method of fifth grade at SD N 2 Banyumas Pringsewu. This study aimed to describe the process and results of learning sigekh penguten dance by using demonstration method. This study used a qualitative descriptive research method. The data were obtained through observation, interviews, documentation, and practice tests. The demonstration method was applied on the learning of sigekh penguten dance with several step; step 1 formulate the goal. Step 2 set the seat. Step 3 the teacher demonstrates the variety of dance moves. Step 4 provides opportunities for students. Step 5 the teacher gives an evaluation. The results of sigekh penguten dance learning can be seen that there are 3 female students (60%) who have excellent criteria, 1 female student (20%) gets good criteria, 1 female student (20%) gets enough criteria.
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tari sigekh penguten dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V SD Negeri 2 Banyumas Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari sigekh penguten dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan observasi, wawancara,dokumentasi, dan tes praktik. Metode demonstrasi diterapkan pada pembelajaran tari sigekh penguten dengan langkah 1 merumuskan tujuan. Langkah 2 mengatur tempat duduk. Langkah 3 guru mendemonstrasikan ragam gerak tari. Langkah 4 memberikan kesempatan kepada siswi. Langkah 5 guru memberikan evaluasi. Hasil pembelajaran tari sigekh penguten dapat diketahui bahwa siswi yang mendapat kriteria baik sekali berjumlah 3 siswi (60%), siswi yang mendapat kriteria baik berjumlah 1 siswi (20 %), siswi yang mendapat kriteria cukup berjumlah 1 siswi (20 %).
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Tari Sigekh Penguten, Penilaian.
Full Text:
PDFReferences
Habsary, Dwiyana. 2003. Fungsi Dan Peran Tari Sembah Di Daerah Lampung. Yogyakarta:UPT Perpustakaan Yogyakara
Mustika, I Wayan. 2012. Tari Muli Siger. Sumberjaya:Anugrah Utama
Mustofa, Thobroni. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Ar-ruzz Media
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran