Pembelajaran Tari Muli Bekipas Dalam Ekstrakurikuler Di SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah
Abstract
This study discusses the learning process of muli bekipas dance using modeling methods trough exrtacurricular activities in SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah. The theory used is the behavioristic theory. This type of research is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. Data analyses techniques wer e carried out by observing teacher activities, student activities, practice tests, analyses data, reducing data, and making data conclusions. The application of pemodelan methods in muli bekipas dance learning in SMAN 1 Kalirejo was carried out several steps and the selection of teacher models chose the female students who had already studied dance lenabled the students the subjets were teacher and twenty three student. The result showed that muli bekipas dance learning process used modeling methods trough extracurricular activities at SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah.
Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran tari muli bekipas menggunakan metode pemodelan melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah. Teori yang digunakan adalah teori behavioristik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa, menganalisis data, mereduksi data dan membuat kesimpulan data. Penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran tari muli bekipas di SMA N 1 Kalirejo dilakukan beberapa langkah dan pemilihan model guru memilih sendiri siswi yang sudah pernah belajar tari yang akan dipelajari kali ini. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran tari muli bekipas menggunakan metode pemodelan melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMA N1 Kalirejo.
Kata kunci: metode demontrasi, kegiatan ekstrakurikuler, tari muli bekipas
Full Text:
PDFReferences
Nurhadi dan Senduk G. 2003. pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam kbk. Malang: penerbit Universitas Negri Malang
Sanjaya W. 2006. strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranada Media Group
Sugiyono. 2015. metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta
Suryosubroto. 2011. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta; Rineka cipta
Sugiyono. 2012. metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.