PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMK PGRI PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR
Abstract
This research aimed to describe the process and results of Bedana dance learning in extracurricular activity at SMK PGRI Pasir Sakti by using cooperative learning method of group investigation type. This study used descriptive qualitative research. The data sources obtained in this study were students who took extracurricular activities through dance learning provided by researchers as trainers. The data collecting technique were participant observation, interview, documentation, and practical test. The steps in using group investigation method were arranging the students into group, planning the assignment that would be learnt, conducting investigation, preparing the final report, presenting the final report, and evaluating. Assessment is given through observation of the students’ activities with visual aspects of activities, listening activities, motor activities. The implementation of bedana dance learning using the cooperative learning method group investigation type shows that children are included in sufficient criteria.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar tari Bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK PGRI Pasir Sakti menggunakan metode cooperative learning tipe Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler melalui pembelajaran tari yang diberikan oleh peneliti sebagai pelatih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara, dokumentasi. Langkah-langkah penggunaan metode group investigation, mengatur siswa ke dalam kelompok, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi. Penilaian diberikan melalui pengamatan terhadap aktivitas siswa dengan aspek visual activities, listening activities, motor activities. Pelaksanaan pembelajaran tari bedana dengan menggunakan metode cooperative learning tipe group investigation menunjukkan bahwa anak-anak masuk dalam kriteria cukup.
Kata Kunci : cooperatif learning, group investigation, tari bedana
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.
Asmara, Tanjung. 2014. Penerapan Metode Group Investigasi dalam Pembelajaran Tari Bedana Wiratama Kotagajag. Skripsi di akses pada 19 September 2018. Tersedia online http://digilib.unila.ac.id/4134/1/ABSTRAK.pdf.
Huda, Mifathul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Membelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran . Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Subroto, Suryo. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Thobroni, Muhammad. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Praktik. Ar Ruzz Media: Yogyakata.
Winasanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Impelmentasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana: Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.