Pembelajaran Tari Bedana Kreasi Menggunakan Metode Demonstrasi di SMPN 28 Bandar Lampung

Afila Leoni Yunanda, Susi Wendhaningsih, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


This research examined about the learning process of Bedana Dance Creation using demonstration method in extracurricular activity at SMPN 28 Bandar Lampung. This research used behavioristic theory. This research was a qualitative descriptive research. The data were collected by using observation, interview, documentation, and practice test. The data were analyzed by reducting the data, representating the data, and drawing conclusion. The learning process was conducted in three stages: preparation, implementation stage, and final stage. At the preparation stage, the teacher formulated the learning goals, praying, and warming up. In the implementation stage, the teacher provided a variety of movements which were then followed by the students. In the final stage, the teacher evaluated the learning process by giving criticism and suggestions to the students.

 

Penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran Tari Bedana Kreasi dengan menggunakan metode demonstrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 28 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori behavioristik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap: persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Pada tahap persiapan guru merumuskan tujuan pembelajaran, berdoa dan melakukan pemanasan. Di tahap pelaksanaan guru memberikan ragam gerak yang kemudian diikuti oleh siswa. Dan pada tahap akhir guru mengevaluasi proses pembelajaran dengan memberikan kritik dan saran kepada siswa. 

 

Kata Kunci: Metode demonstrasi, proses, tari bedana kreasi.


Full Text:

PDF PDF

References


Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusyidiyah.

Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumandiyo, Y Hadi, 2011. Kajian Tari Teks & Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Uno. 2010. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran