Evaluasi Pembelajaran Tari Muli Siger Menggunakan Anates pada Ekstrakurikuler di SMA Al Huda Lampung Selatan
Abstract
This study discusses the implementation of Muli Siger Dance learning processes by using anates on extracurricular activities at SMA Al Huda Lampung Selatan. This study was done by using a field method with a type of descriptive research through a qualitative approach. The data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. Data sources were teachers and six students in extracurricular activities at SMA Al Huda Lampung Selatan. Then, the data were analyzed by using data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study indicate that the evaluation of learning using anates on extracurricular activities at SMA Al Huda Lampung Selatan was carried out in several steps: opening anates for description, entering grades, storing scores, assessing students' abilities, and difficulty to see various difficulty levels motion that has been learned.
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran Tari Muli Siger menggunakan anates pada ekstrakurikuler di SMA Al Huda Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yakni guru dan enam orang siswa dalam ekstrakulikuler di SMA Al Huda Lampung Selatan. Kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan anates pada ekstrakurikuler di SMA Al Huda Lampung Selatan dilakukan beberapa langkah dalam pelaksanaannya, yaitu membuka anates untuk uraian, memasukan nilai, simpan nilai, penyekoran nilai untuk mengetahui kemampuan siswa dan tingkat kesukaran untuk melihat tingkat kesulitan ragam gerak yang telah dipelajari.
Kata kunci: Anates, Evaluasi, Psikomotor, Tari Muli siger.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar, 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hlm 258.
Mustika, I Wayan. 2012. Tari Muli Siger. Lampung: Aura. Hlm 106.
Purnomo, Edi, 2016. Dasar-dasar dan Perancangan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi. Hlm 166.
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Hlm 258.
Siswoyo , Dedi. 2013 http://dedi26.blogspot.com/2013/05/anates-v4-software-analisis-butir-soal.html. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2018, Pukul 14:00).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.