Pembelajaran Tari Selapanan di Sanggar Intan Desa Kuripan Kabupaten Lampung Selatan

anggun suri levina, Riyan Hidayatullah, Dwiyana Habsary

Abstract


This research formulates the problem of how selapanan dance learning. This study aims to describe the selapanan dance inheritance system, describing the variety of Selapanan dance moves and how the methods and methods and methods of trainers in selapanan dance learning. The theory used is behavioristic theory, this type of research is qualitative which produces
descriptive data. The technique used to collect data is: observation, interviews, documentation and practical tests. The data source consisted of advisors from the Darah Putih Association, dancers who had danced selapanan dance, selapanan dance trainers and 1 2 Sanggar Intan students. The research instrument contained the coach's observation sheet. Data analysis is data
reduction, data presentation, and conclusions. The results of the selapanan dance learning process using the demonstration method for eight meetings were obtained through practical tests with criteria of good, sufficient and lacking.


Penelitian ini merumuskan masalah bagaimana pembelajaran tari selapanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pewarisan tari selapanan, mendeskripsikan ragam gerak tari selapanan dan bagaimana cara dan cara serta metode pelatih dalam pembelajaran tari selapanan. Teori yang digunakan yaitu teori behavioristik, jenis penelitian ini yaitu kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Sumber data terdiri dari penasehat Keratuan Darah Putih, penari yang pernah menarikan tari selapanan, pelatih tari selapanan dan 12 peserta didik Sanggar Intan. Instrumen penelitian terdapat lembar pengamatan pelatih. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, Hasil dari proses pembelajaran tari selapanan selama delapan kali pertemuan diperoleh melalui tes praktik dengan kriteria baik, cukup dan kurang.


Kata Kunci : Pembelajaran, Tari Selapanan, Sanggar Intan


Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara

Hamdayana. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliener. Yogyakarta:

Paradigma

Mustika, I Wayan. 2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung.AURA Bandar Lampung.

Rahmawati. 2014. “Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Melalui Metode

Demonstrasi di Sma Negeri 9 Bandar Lampung” Jurnal Pendidikan Progresif, Bandar Lampung Universitas Lampung

Wetty, Ni, Nyoman. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2012. Diktat: Lampung

Wulandari, Mustika. 2016. “Tari Kiamat Dalam Pendidikan Non Formal Di

Sanggar Intan Desa Kuripan Kabupaten Lampung Selatan”. Skripsi Jurusan Sendratasik. Bandar Lampung Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.