Pembelajaran Tari Sembah Batin Menggunakan Metode Demonstrasi Di Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Liwa, Lampung Barat
Abstract
This research discussed about how the process and results of sembah batin dance using
demonstration method in dance art extracurricular at SMP Negeri 1 Liwa, West Lampung. This
research used behavoristic learning theory, field, and literature in the form of observation,
interviews, documentation, books, journals, notes and scripts. The data resources were 20 students,
The data collecting techniques were carriedout by observing the students activities, assessing the
practice test, analyzing the result test, reducting the data and drawing conclusion. These assessment
werw carried by observing the aspect of wiraga, wirama, wirasa from 15 students remaining. The
learning of sembah batin dance using demonstration method in dance art extracurricular at SMP
Negeri 1 Liwa, West Lampung, gained a good result
Penelitian ini mengkaji bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari sembah batin menggunakan
metode demonstrasi pada ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Liwa, Lampung Barat.
Penelitian ini menggunakan teori belajar behavoristik, lapangan, dan kepustakaan yang berupa
observasi, wawancara, dokumentasi, buku, jurnal, catatan – catatan dan manskrip. Sumber data
dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Intrumen yang digunakan adalah tes praktek dan penilaian
siswa. Teknis analisis data dilakukan dengan mengamati aktifitas siswa, memberi nilai tes praktik,
menganalisis hasil tes, mereduksi data, dan membuat kesimpulan data. Penilaian ini terlihat dari
aspek wiraga, wirama, wirasa dari 15 siswa yang tersisa. Hasil penelitian pembelajaran tari sembah
batin menggunakan metode demonstrasi pada ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Liwa,
Lampung Barat mendapatkan hasil yang baik.
Kata kunci : Metode Demonstrasi, Pembelajaran, tari sembah batin
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Buningsih, Syaiful Djamarah, 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mustika, I Wayan. 2011. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Lampung: Buana Cipta
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratman. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Bahasa Pers
Winkel. 2015. Buku Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Yaumi, Muhammad. 2013. Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.