Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMK Negeri 2 Bandar Lampung

Sadita Wyddia Shiura, Dwiyana Habsary, I Wayan Mustika

Abstract


This study discusses how the process of determining the character of learners and what are the values of characters that appear in the learning of dance in class XI TKJ 1 in SMK Negeri 2 Bandar Lampung. This type of research is descriptive that produces qualitative data. Data collection techniques in this study are questionnaires, observations, interviews, and documentation. The results showed that the character formation of learners occurred in the learning process that took place in the classroom by doing 3 (three) activities of the initial activity, core activities and end activities. In the learning process comes the values of the characters are religious, honest, discipline, responsibility, tolerance, mutual assistance, polite, responsive and proactive. With good category on the value of the character that is religious, discipline, responsibility and polite. For with enough category on the value of theĀ  character that is honest, tolerance, mutual assistance responsive and proactive.

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang membahas mengenai bagaimana proses pembetukan karakter peserta didik dan apa saja nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran seni tari pada kelas XI TKJ 1 di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deksriptif yang menghasilkan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter peserta didik terjadi pada proses pembelajaran yang berlangsung di kelas dengan melakukan 3 kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada proses pembelajaran tersebut didapatkan nilai dengan kategori baik pada nilai karakter yaitu religius, disiplin, tanggung jawab dan santun. Untuk nilai dengan kategori cukup pada nilai karakter yaitu jujur, toleransi, gotong royong, responsif dan proaktif.

Kata kunci: pembentukan karakter, nilai karakter, pembelajaran seni tari.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus.2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran; dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Jakarta: Refika Aditama.

Afandi, Andres. 2018. Video Perkelahian Antaradua Siswi SMA di Bandar

Lampung. Diakses dari https://daerah.sindonews.com/read/129094/174/video-perkelahian-antardua-siswi-sma-di-bandar-lampung-viral di-media-sosial-1521467585. (17 Mei 2018).

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 (dalam pembelajaran SD/MI,SMP/MTS, dan SMA/MA). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdyama, Jumanta. 2016. Metodelogi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter : Konsepsi & Implementasi. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Tirtarahardja, Umar. 2005 . Pengantar Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran