Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMAN 1 Banjar Agung Tulang Bawang

Zakia Nurul Jannaty, Susi Wendhaningsih, I Wayan Mustika

Abstract


The problem of this research was how process and learning outcomes of the sigeh penguten dance at SMAN 1 Banjar Agung. This study aims to describe the process and learning outcomes of the sigeh penguten dance using the method of peer tutor. Learning of sigeh penguten dance followed by 20 students for eight times meeting with the learning methods used the teacher’s method of peer tutor. Data collection techniques used through observation, interview and documentation with the kind of qualitative descriptive study. The use of peer tutor method consist of six stages, those are, first the teacher tells the purpose of learning, second divide the students into groups and choose one of student to be a peer tutor, third deliver material, fourth giving group assigments, fifth the teacher observe students learning activitis, six evaluation. The result of the process of learning obtained through practice test excellent criteria 6 students, good criteria 11 students and enough criteria 3 students.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari sigeh penguten menggunakan metode tutor sebaya di SMAN 1 Banjar Agung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya. Pembelajaran tari sigeh penguten diikuti oleh 20 siswi selama delapan pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penerapan metode tutor sebaya dilakukan dengan 6 langkah pembelajaran yaitu, pertama guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kedua membagi siswa dalam kelompok dan memilih salah satu siswa untuk menjadi tutor, ketiga menyampaikan materi, keempat memberi tugas kelompok, kelima guru mengamati aktivitas belajar siswa, keenam evaluasi. Hasil dari proses pembelajaran diperoleh melalui tes praktik  6 siswa mendapat kriteria baik sekali, 11 siswa kriteria baik dan 3 siswa kriteria cukup.

Kata Kunci: ekstrakurikuler, tutor sebaya, tari sigeh penguten.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2015. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikilum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jazuli, M. 2016. Paradigma Pendidikan Seni. Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustika, I Wayan. 2012. Tari Muli Siger. Sumberjaya: Anugerah Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran