Pemanasan Yoga Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pembelajaran Tari Kreasi Di SMP N 2 Way Tenong
Abstract
This research discussed ratu bukit pesagi dance learning process in the extracurricular activities at SMP N 2 Way Tenong. This research used a theory from Peaget and Van Graselfeld that was contructivism theory with qualitative research that described the learning process and the benefit of yoga. The instruments of this research used observation, questionnaire and interviews. The data were collected by observation, interview and documentation. Data analysis was done by reducting the data, presenting the data and drawing conclusion.The result of this research showed that the implementation of the learning process have not administered optimally since one of the components of learning implementation that was learning planning was not done structurally in accordance with the provisions or the standard of the process of learning implementation.
Penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran tari ratu bukit pesagi dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP N 2 Way Tenong. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan mendeskripsikan proses pembalajaran tari. Instrumen penelitian meliputi panduan observasi dan wawancara. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran belum berjalan maksimal, karena dari komponen pelaksanaan pembelajaran tidak dilakukan perencanaan pembelajaran secara terstruktur sesuai dengan ketentun atau standar proses pelaksanaan pembelajaran dan manfaat dari pemanasan yoga dapat dirasakan oleh siswa baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Ekstrakurikuler, Proses, Tari KreasiFull Text:
PDFReferences
Dirman dan Juarsih. 2014. Teori Belajar Dan Prinsip-Prinsip Pembelajara Yang Mendidik. Jakarta : Rineka Cipta.
Islafatun, Nor. 2014. The Magic Movements Of Yoga. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.
Jihad dan Haris, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Margono, S, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kinasih, Arum Sukma. 2010. Pengaruh Latihan Yoga Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup. Yogyakarta: Jurnal Psikologi. Vol.18, No.1, 2010: 1-12. ISSN: 0854-7108.
Gunarta, I Ketut. 2017. Implementasi Pembelajaran Yoga Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumerta. Denpasar : Jurnal Penjaminan Mutu. Vol.3, No.2,2017. ISSN: 2407-912X.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran