Pelatihan Tari Bedana dalam Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji

ahmad tohirin, Riyan Hidayatullah, Susi Wendhaningsih

Abstract


This research aimed to describe planning, process and assessment of bedana dance training in extracurricular activity at SMA Negeri 1 Tanjung Raya, Mesuji. The research used humanistic learning theory. Type of this research is descriptive qualitative research. Data collection was through observation, interview, documentation, training plan, training process and assessment. Data analysis techniques that has used by foccusing important data, presenting data, than taking result. This training plan was included time, matter, and subject. The time has done outside of school learning, the place is the dance studio room, the matter is bedana dance, subject of training are students and trainer. In this training process, the trainer carried out in accordance with the plans made. Learning outcomes in bedana dance training of extracurriculer at SMA Negeri 1 Tanjung Raya of Mesuji district is well.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, proses dan penilaian pada pelatihan tari bedana dalam ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Penelitian mengunakan teori pembelajaran humanistik. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian yaitu siswa yang berjumlah 10 orang dan satu pelatih tari bedana dalam kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, perencanaan pelatihan, proses pelatihan, dan penilaian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara proses memfokuskan data-data penting, menyajikan data, kemudian menarik simpulan. Perencanaan pelatihan ini meliputi waktu, materi, subjek. Waktu yang dilakukan diluar jam belajar sekolah, tempat berada di ruang sanggar tari, materi yaitu tari bedana, subjek pelatihan yaitu pelatih dan siswa. Proses pelatihan ini pelatih melaksanakan sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Hasil pembelajaran pada pelatihan tari bedana dalam ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji adalah baik.

Kata kunci: ekstakurikuler, pelatihan, tari bedana.


Full Text:

PDF

References


Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung. ALFABETA, cv.

Notoatmojo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Pemerintah Daerah Tulang Bawang. 2006. Buku Panduan Tari Tradisional Sigeh Penguten Dan Bedana. Sanggar Seni dan Budaya Besapen. Menggala.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. Tentang Implementasi Kurikulum.

Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Rachmawati, T dan Daryato. 2015. Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta. Gava Media.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta. Akademi Seni Tari Indonesia.

Vasthi, Ardelia. 2014. Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Metode Pemodelan Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Sumberjaya Lampung Barat. Program Sarjana. Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Seni dan Pembelajaran