OLAH TUBUH TERHADAP PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

M Nurhayatun Nufus, Riyan HIdayatullah S.Pd., M.Pd.

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil pembelajaran tari sigeh penguten dengan metode pemanfaatan olah tubuh di SMP 3 Muhamadiyah Bandar Lampung. Hasil pengamatan siswa dalam proses pembelajaran tari sigeh pengunten dengan pemanfaatan olah tubuh di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung pada aspek wiraga, pada pertemuan pertama hanya 2 siswa (25%), pertemuan kedua 3 siswa (37,5%), pertemuan ketiga terdapat 4 siswa (50%), pertemuan keempat dan lima terdapat 6 siswa (75%), pertemuan keenam 7 siswa (87,5%), pertemuan ketujuh dan delapan 8 siswa (100%)

Formulation of the problem in this research is how the dance sigeh penguten learning outcomes with the benefits of calisthenics in SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. The observation of the student in the learning process with the use of dance sigeh pengunten if the body in SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung on wiraga aspect, at the first meeting only two students (25%), the second meeting of 3 students (37.5%), the third meeting there are 4 students (50%), the fourth meeting, and five are 6 students (75%), the sixth meeting of 7 students (87.5%), seventh and eighth meeting of 8 students (100%)

Kata kunci : Olah Tubuh, Pembelajaran, TariSigeh Panguten


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Harsuki, H. 2003. Perkembangan Olah Raga Terkini. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Said, Ahmad. 2008. Karate. Jakarta: Ganeca Exact

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: CP. Alfabeta Wardhana,

R.M. Wisnoe. 1990. Pendidikan Seni Tari Buku Guru SMP.Jakarta: Aura New Aqua Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Seni dan Pembelajaran