PEMBELAJARAN GERAK TARI BEDANA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA SMA

Widya Tri Ningrum, Widya Tri Ningrum, Agung Kurniawan

Abstract


The problem of this research was learning bedana dance movement on students extracurricular activities at SMAN 15 Bandar Lampung, this research attempted to describe the learning process of bedana dance. This research used descriptive qualitative research. Learning process used the demonstration method. The resources in this study were teacher and 8 students. The data collecting technique of this research used observation, interview and documentation. There are three learning steps, teaching planning that is arranged by RKH, the first implementation of teaching is the students do the warming, the teacher gives materials, the students are divided into some groups and teacher do the evaluation; on the step three, scoring on students dancing bedana ability. There are two aspects that are evaluated by teacher, those are wiraga aspect and wirama aspect. The ability in dancing bedana dance on every aspects is good.

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMA Negeri 15 Bandar Lampung, tujuannya untuk mendeskripsikan pembelajaran gerak tari bedana. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan 8 siswa. Teknik untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada 3 tahap pembelajaran yaitu, perencanaan pembelajaran yang disusun pada RKH, pelaksanaan pembelajaran langkah pertama siswa melakukan pemanasan, guru menyampaikan materi, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan guru melakukan evaluasi, pada tahap ketiga yaitu penilaian kemampuan menari bedana siswa. Ada 2 aspek yang diamati yaitu, aspek wiraga dan aspek wirama. Kemampuan menari bedana pada setiap aspek yaitu baik.

Kata kunci: pembelajaran, gerak, tari bedana, ekstrakurikuler.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusnadi, Dkk. 2012. Seni Budaya Untuk Kelas IX SMP dan MTS. Jawa Tengah: Global.

Mustika, I Wayan. 2012. Tari Muli Siger. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Nusantara, Yayat. 2007. Seni Budaya Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Riana, Deny. 2010. Ensiklopedia Seni-Budaya Cabang Seni. Jakarta: Trias Yoga Kreasindo.

Setyobudi, Dkk. 2007. Seni Budaya Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Seni dan Pembelajaran