PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA EKSTRAKURIKULER SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG
Abstract
This study aimed to describe the process and find out the learning outcomes of the learning Halibambang Dance by using demonstration method on extracurricular activities in SMP Wiyatama Bandar Lampung. This study used qualitative descriptive research with teacher and student as data sources. Data collection techniques used observation, interview and documentation. Data analysis technique was done by observing the activity of students, scoring the practice tests, analyzing test results, reducing the data and make inferences data. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that there are five students who can dance Halibambang Dance, three students have not been able to dance Halibambang Dance well, by looking from the motion wellkettation, motion acuraay to the accompaniment of music and expression.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa, memberi nilai tes praktik, menganalisis hasil tes, mereduksi data dan membuat kesimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 siswa dapat menarikan tari halibambang dengan baik sementara 3 siswa belum dapat menarikan tari halibambang dengan baik dilihat dari hafalan gerak, ketepatan gerak dengan iringan musik dan ekspresi.
Kata kunci: ekstrakurikuler, metode demonstrasi, pembelajaran, tari halibambang.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Proyek Pembinaan Kesenian Provinsi Lampung. 1993. Bandar Lampung: Deskripsi Tari Halibambang.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pempelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iriantara, Yosal. 2014. Komunikasi Pembelajaran. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Seni dan Pembelajaran