PEMBELAJARAN TARI PIRING DUA BELAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SMA NEGERI 4

Fajar Indah Sari, Muhammad Fuad, Wayan Mustika

Abstract


The purpose of this study was to describe the process and outcomes of learning piring dua belas dance by using demonstration in SMAN 4 Bandar Lampung. The theory that was used, ie learning theory, piring dua belas dance, and methods of demonstration. This type of research was qualitative descriptive. The data source was a teacher and 8 students who joined in extracurricular dance. The method used were observation, interviews, field notes, documentation, observation sheet of students and teachers, as well as practical tests. Learning outcomes of piring dua belas dance using the demonstration showed that the average student has been able to demonstrate a piring dua belas dance well, observations and learning activities are already showing good results once in every encounter seen from the average valuation of students who show good criteria once. Assessment is done through a range of movement, precision motion with accompaniment.


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari piring dua belas dengan menggunakan metode demonstrasi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Teori yang digunakan, yaitu teori pembelajaran, tari piring dua belas, dan metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah guru dan 8 orang siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler seni tari. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, lembar pengamatan siswa dan guru, serta tes praktik. Hasil pembelajaran tari piring dua belas dengan menggunakan metode demonstrasi menunjukkan bahwa siswa rata-rata sudah mampu memperagakan tari piring dua belas dengan baik, hasil pengamatan aktivitas belajar sudah menunjukkan hasil yang baik sekali di setiap pertemuannya dilihat dari penilaian rata-rata siswa yang menunjukkan kriteria baik sekali. Penilaian dilakukan melalui kemampuan gerak, ketepatan gerak dengan iringan.

Kata kunci: metode demonstrasi, pembelajaran,tari piring dua belas.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tim Taman Budaya. 2008. Deskripsi Tari Piring Dua Belas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Seni dan Pembelajaran