PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG MENGGUNAKAN METODE DRILL DI PLK DHARMA BAKTI DHARMA PERTIWI

Bella Aulia Rahmah, Muhammad Fuad, I Wayan Mustika

Abstract


This research was aimed to describe halibambang dance learning used drill method in deaf children extracurricular activities in PLK Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling Bandar Lampung. This study was descriptive qualitative research. The data sources were teacher, and student. The data collection techniques were observation, interview, documentation practice test and non test. This research findings were the teachers steps in using drill method as follows first students were doing warming movement, second giving example of dancing movement, third the teacher taught the students to do the movement together, fourth doing some tests to measure students abilities. The result showed halibambang dance learning got average score by 70% with good criteria.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsiskan proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan metode drill di PLK Dharma Bakti Dharma Pertiwi Kemiling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes. Adapun temuan penelitian ini langkah-langkah guru dalam menerapkan metode drill pertama siswa untuk pemanasan, kedua memberikan contoh ragam gerak, ketiga guru membimbing siswa untuk berlatih bersama-sama, keempat melakukan tes untuk mengukur kemampuan siswa. Hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan metodedirllmenunjukkan bahwa dari aspek penilaian guru memperoleh rata-rata 70% dengan kriteria baik.

Kata kunci : pembelajaran, tari halibambang, metode drill.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitian. Jakarta: PT Renika Cipta.

_______, 2008. Dasar-Dasar Evauasi Pendidikan. PT. BumiAksara. Jakarta

Bahri, Nooryan. 2008. Kritik Seni Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mukhtar. 2013. Metode Prakits Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Grup

Mustika, I Wayan. 2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: Aura.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sastrawinata, Emon. 1975. Pendidikan Anak Tunarungu. Bandung: Masa Baru.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran