CHATGPT Dalam Mendukung Pembelajaran di Sekolah

Faisal Pardomuan Siregar, Sri Wahyudi, Detri Amelia Chandra, Ari Aprilia Dwiana

Abstract


Di era serba digital seperti sekarang ini, penelitian berkenaan penggunaan ChatGPT dalam konteks pembelajaran di sekolah menjadi tema penting, menilik kontribusi asasi dan sumbangan signifikan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) ini bagi guru dan siswa. Metode penelitian merupakan studi kepustakaan, ditujukan untuk menjawab apa saja dukungan atau sokongan yang diberikan ChatGPT bagi para guru dan siswa di dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil analisis literatur menginformasikan bahwa ChatGPT memberikan dukungan dan sokongan yang lebar bagi guru dalam aneka sisi pembelajaran, semisal figurasi materi, pengembungan materi pembelajaran, penilaian dan evaluasi, pengelolaan kelas, dan pengembangan kurikulum. Sementara itu, ChatGPT juga memberikan dukungan yang beragam bagi siswa, termasuk dalam hal pembelajaran mandiri, bantuan pekerjaan rumah yang kreatif, praktek bahasa asing, rujukan referensi yang inspiratif, dan pemecahan masalah yang kompleks. Dukungan ini membuka peluang baru bagi guru dan siswa untuk meningkatkan efektivitas dan kreativitas mereka dalam pembelajaran, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, kreatif, attraktif, persuasif, dan adaptif.


Full Text:

PDF

References


A, H., Bau, R. T. R. L., & Bouty, A. A. (2024). Penggunaan ChatGPT Sebagai Sumber Pembelajaran Adaptif Untuk Menanggapi Kebutuhan Individu Siswa. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.38038/vocatech.v5i2.170

Ali, A., & Erihadiana, E. (2021). Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i3.445

Arisanti, I., Rasmita, R., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada, M. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8455

Baidoo-anu, D., & Ansah, L. O. (2023). Education in the Era of Generative Artificial Intelligence (AI): Understanding the Potential Benefits of ChatGPT in Promoting Teaching and Learning. Journal of AI, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.61969/jai.1337500

Chandra, I. A. (2024). Penerimaan para Akademisi terhadap Teknologi Kecerdasan Buatan ChatGPT di Perguruan Tinggi [Bachelor, Universitas Pelita Harapan]. https://doi.org/10/Appendices.pdf

Darman, R. (2024). Peran ChatGPT Sebagai Artificial Intelligence Dalam Menyelesaikan Masalah Pertanahan dengan Metode Studi Kasus dan Black Box Testing. Tunas Agraria, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31292/jta.v7i1.256

Fahada, N., Tampubolon, J., & Chairunnisa. (2023). Pemanfaatan Penggunaan Chat GPT Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengajaran Bahasa Inggris. Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 65–71. https://doi.org/10.51178/cok.v3i2.1669

Gultom, F., Ginting, W. C., & Riswan, M. (2024). Perancangan Web Dengan Chat GPT Untuk Meningkatkan Kualitas Akademik (Studi Kasus: Universitas Efarina). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8507

Iriyani, S. A., Patty, E. N. S., Akbar, A. R., Idris, R., & Priyudahari, B. A. P. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pendidikan. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30812/upgrade.v1i1.3151

Kurniawan, A., Rudianto, C., & Isharyanti, N. (2024). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah Mungkid Magelang. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1929

Mahmudah, R. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN BIOKIMIA. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51574/hybrid.v2i2.1361

Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). PERSEPSI MAHASISWA FTIK IAIN KERINCI TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v13i2.2653

Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7119

Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). PENGGUNAAN CHATGPT DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA AKADEMIK. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090

Maulana, M. S., Nurmalasari, Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). PELATIHAN CHAT GPT SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KELAS. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i1.103

Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), Article 12. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863

Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862–26869. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10960

Mustafa, M. (2023). Aktivitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Berpikir Komputasi Berbantuan Chat-GPT. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3469

Nailus, S., & Hasanudin, C. (2023). Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), Article 1.

Nugraha, M. T., Fahmi, M. R., & Prakoso, I. A. (2023). Integrasi Tradisi Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Fiqh Dengan Pemanfaatan Chatgpt. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6693

Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan di Indonesia: Potensi dan Tantangan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.876

Pongtambing, Y. S., Appa, F. E., Siddik, A. M. A., Sampetoding, E. A. M., Admawati, H., Purba, A. A., Sau, A., & Manapa, E. S. (2023). Peluang dan Tantangan Kecerdasan Buatan Bagi Generasi Muda. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i1.362

Pontjowulan, P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), Article 2.

Puspita, V. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR | BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat). Bhakti Nagori: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3402

Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), Article 01. https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i01.744

Salmi, J., & Setiyanti, A. A. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan ChatGPT di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), Article 19. https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233

Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHATGPT DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Setiawan, D., Karuniawati, E. A. D., & Janty, S. I. (2023). Peran Chat Gpt (Generative Pre-Training Transformer) Dalam Implementasi Ditinjau Dari Dataset. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3286

Setiawati, L., Nasri, F. N. R., & Amalia, A. R. (2024). Implementasi ChatGPT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), 3(1), Article 1. https://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/view/193

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Supriyadi, E., & Kuncoro, K. S. (2023). Exploring the Future of Mathematics Teaching: Insight with ChatGPT. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/union.v11i2.14898

Tijan, Abdilah, Y. A., & Suhardiyanto, A. (2024). Persepsi Guru PPKn terhadap Teknologi Artificial Intelligence ChatGPT dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31960/caradde.v6i3.2180

Trust, T., Whalen, J., & Mouza, C. (2023). Editorial: ChatGPT: Challenges, Opportunities, and Implications for Teacher Education. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 23(1), 1–23.

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226

Winarti, W., Maryanto, E., & Handayani, D. (2023). PENGENALAN APLIKASI CHATBOT BERBASIS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN APLIKASI CHATGPT PADA MAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN. Abdi Jurnal Publikasi, 1(6), Article 6.

Zumrotun, E., Muzakki, M. A., Attalina, S. N. C., Widiyono, A., Hamidaturrohmah, H., & Efendi, A. (2023). Pemberdayaan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Miftahussa’adah. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.485




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id