Pendidikan Vokasional Dalam Perspektif Filosofi Pragmatisme
Abstract
Kata kunci: Pragmatisme, Vokasi, Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Ajjawi, R., Tai, J., Huu Nghia, T. Le, Boud, D., Johnson, L., & Patrick, C. J. (2020). Aligning assessment with the needs of work-integrated learning: the challenges of authentic assessment in a complex context. Assessment and Evaluation in Higher Education, 45(2), 304–316. https://doi.org/10.1080/02602938.2019.1639613
Andriana. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning Bagi Siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi Systematic Literature Review. Tiarsie, 18(4).
Ashari, M. H. (2022). Pembentukan Jiwa Entrepreneurship Pada Siswa-Siswi SMK Dengan Program Teaching Factory (Tefa). Dharma Bhakti Ekuitas. https://doi.org/10.52250/p3m.v7i1.538
Atika, S. H. ; M. S. ; L. (2023). Penguatan Learning Management System ( LMS ) untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Era Society 5 . 0 di Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 3(1), 1–10.
Cavaleri, S. (2008). Are Learning Organizations Pragmatic? The Learning Organization. https://doi.org/10.1108/09696470810907383
Chen, Y. (2023). The Relevance of Dewey’s Educational Theory to ‘Teaching and Learning in the 21st Century.’ Studies in Social Science & Humanities. https://doi.org/10.56397/sssh.2023.04.06
Fadhli Ranuhardja; Ambiyar, U. V. A. R. R. E. M. E. M. S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(1), 340–347. Retrieved from ownload.portalgaruda.org/article.php?article=409920&val=1339&title
Fadriati, H. A. (2022). Efektivitas Pendidikan Vokasi di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 8129–8137.
Fauzi, J. A., Suswanto, H., & Wibawa, A. P. (2020). Pengaruh Aspek-Aspek Tuntutan Industri Terhadap Uji Kompetensi Keahlian Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13147
Febrianti, N., Darwin, W., & Deswina, M. (2023). Efektivitas Program Praktik Kerja Industri (Prakerin): Analisis Terhadap Implementasi Dan Dampaknya Dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan, 5(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPVTI/index
Jessop, S. (2012). Education for Citizenship and ‘Ethical Life’: An Exploration of the Hegelian Concepts OfBildungandSittlichkeit. Journal of Philosophy of Education. https://doi.org/10.1111/j.1467-9752.2012.00849.x
Khasawneh, O. M., Miqdadi, R. M., & Hijazi, A. Y. (2014). Implementing Pragmatism And John Deweys Educational Philosophy In Jordanian Public Schools. Journal of International Education Research (JIER), 10(1), 37–54. https://doi.org/10.19030/jier.v10i1.8465
Mahirda, K., & Wahyuni, H. (2016). Returning to General and Vocational High-Schools in Indonesia. Review of Economic and Business Studies. https://doi.org/10.1515/rebs-2016-0031
Mertel, K. C. M. (2020). Heidegger, Technology and Education. Journal of Philosophy of Education. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12419
Mulianti, M. (2018). Model Pengukuran Faktor Dan Indikator Yang Berperan Terhadap Produktivitas Pendidikan Vokasi. Invotek Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.217
Nore, H. (2015). Re-Contextualizing Vocational Didactics in Norwegian Vocational Education and Training. International Journal for Research in Vocational Education and Training. https://doi.org/10.13152/ijrvet.2.3.4
Nugraha, H. D., Poniman, D., Kencanasari, R. A. V., Maosul, A., & Rusydi, M. I. (2020). Meta-Analisis Model Pembelajaran Vokasi Dalam Kondisi Covid-19. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i2.34779
NUGROHO, W. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Vocational Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.936
Pham, K. T., & Bui, D. X. (2021). Pragmatist Idea of Democracy in Education and Its Meaning for Educational Innovation in Vietnam Today. Studia Gilsoniana, 10(4), 975–995. https://doi.org/10.26385/SG.100441
Pratiwi, D. I., Astuti, S. W., Puspitasari, A., & Fikria, A. (2021). Analisis Tata Kelola Perguruan Tinggi Vokasi Dan Indeks Kepuasan Siswa Pada Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1491
Purnamawakti, D. S. R. (2022). Proses Konstruksi Pengetahuan Dalam Sistem Pembelajaran Terbuka Di Kalangan Praktisi Pendidikan dan Pelatihan Teknik dan Kejuruan (TVET). KNOWLEDGE : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 56–61.
Rabapane, M. V., & Wadesango, N. (2020). The Effectiveness of Community Education Services in Influencing Socio-Economic Issues in the Gravelotte Community. Journal of Educational and Social Research, 10(6), 302–314. https://doi.org/10.36941/jesr-2020-0128
Ramaa, A., Jalinus, N., Abdulah, R., & Dermawan, A. (2023). Filsafat Pendidikan Kejuruan Dalam Dunia Kerja. Suluah Bendang : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/sb.03560
Samala, Y. I. N. J. R. A. D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Ekonomi. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230
Suciati, P., & Maulidiyanti, M. (2019). Kekuatan 7p Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah Di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.61
Suharno, Pambudi, N. A., & Harjanto, B. (2020). Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges. Children and Youth Services Review, 115(January), 105092. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105092
Sulastini, R. (2018). Reposisi Filosofi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran. Insania Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2010
Topan, M. (2021). Pragmatis Dalam Pendidikan di Indonesia : Kritik dan Relevannya. AL - IDRAK : Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya, 1(1), 16–26.
Verawardina, U., & Jama, J. (2019). Philosophy Tvet Di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(3), 104. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.17156
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.240.2019
Wilujeng, S. R., Syamsuddin, M. M., Studi, P., Filsafat, I., Filsafat, F., & Mada, U. G. (2020). Dinamika pendidikan di indonesia dalam perspektif filsafat. Humanika, 27(2).
Wirawan, F., Syaftinentian, W., & Astuti, P. (2022). What Teachers Teach vs What Students Learn. Batara Didi English Language Journal. https://doi.org/10.56209/badi.v1i2.45
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id