Pengembangan Sistem Informasi Jadwal Pelajaran Berbasis Web di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta

Catur Handanu, Dwi Ratnawati

Abstract


SMK Ma’arif 1 Yogyakarta adalah sekolah menengah kejuruan yang mulai berkembang seiring dengan berjalannya waktu, namun pada pengelolaan jadwal pelajaran dirasa hal itu masih kurang, hal ini ditinjau dari hardfile yang di cetak sering kali hilang. Solusi yang tepat adalah dengan mengembangkan sistem informasi jadwal pelajaran. Sistem tersebut akan berbasis website yang mana guru maupun siswa dapat mengakses dengan mudah. Pengembangan yang dilakukan menggunakan metode waterfall yang dimulai dari proses perencanaan, analisa, desain, dan implementasi. Tools yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan Javascript. Hasil dari pengembangan sistem informasi ini adalah sistem informasi jadwal pelajaran dengan 3 hak akses yaitu admin, guru dan siswa. Pengujian pada sistem informasi ini menggunakan standar ISO 25010 dengan 5 karakteristik yaitu usability, functional suitability, reliability, performance effisisency dan maintability. Hasil pengujian dengan karakteristik usability memperoleh nilai 96,25% sehingga memenuhi kategori sangat layak. Pengujian functional suitability memperoleh nilai sama dengan 1, sehingga sistem informasi ini sangat layak untuk digunakan. Reliability memperoleh nilai reliability 100% sehingga memenuhi standar Telcordia. Performance effisiency memperoleh nilai loaded time 4,825 detik sehingga memenuhi kriteria yaitu kurang dari 10 detik. Maintability index memperoleh nilai 90,234 sehingga sistem informasi ini dikategorikan sangat layak.

 

Kata Kunci : ISO 25010, Jadwal Pelajaran, Sistem Informasi, Waterfall, Website


Full Text:

PDF

References


Ayu, F., & Sholeha, W. (2019). Rancang bangun sistem informasi penjadwalan mata pelajaran berbasis web pada smart center pekanbaru. Jurnal Intra Tech, 3(1), 38-48.

Azizah, N., Syawall, M. F., & Fikriansyah, D. C. (2019). Sistem Informasi Absensi Pegawai pada SMA Negeri 15 Tangerang Berbasis Web. Penerbit : Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM).

Firliana, R., & Rhohman, F. (2019). Aplikasi Sistem Informasi Absensi Mahasiswa dan Dosen. Journal of Computer and Information Technology.

Hermawan, R., & Utomo, V. G. (2016). Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web. Bianglala Informatika, 4(2).

Lutfi, A., & Januba, Z. B. (2022). Sistem Informasi Penilaian (E-Raport) Qiroatuna Di Asrama Nurul Qoni’menggunakan Php Dan Mysql. Justify: Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy.

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Pressman, R.S.2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogtakarta : Andi

Setiawan, D. (2017). Buku Sakti Pemrograman Web: HTML, CSS, PHP, MySQL & Javascript. Penerbi : Anak Hebat Indonesia.

Ridwan, M., dkk., (2021). Sistem Informasi Manajemen. Penerbit: Andi.

Romadhon, M. H., Yudhistira, Y., & Mukrodin, M. (2021). Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F28118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id