Transformasi Pendidikan Seni melalui Teknologi: Memperluas Horison Kreativitas dalam Pembelajaran Seni Tari

A A I A Citrawati, Ninon Syofia, Wahida Wahyuni

Abstract


Artikel ini membahas pentingnya transformasi pendidikan seni tari melalui pemanfaatan teknologi untuk memperluas kreativitas dalam pembelajaran. Dengan melakukan tinjauan literatur yang komprehensif, artikel ini mengungkap hasil penelitian dan temuan terkait penggunaan teknologi dalam pendidikan seni tari. Analisis tersebut menyoroti dampak positif yang dihasilkan, termasuk pengayaan pengalaman belajar, kemudahan kolaborasi global, dan eksplorasi kreatif yang tak terbatas dalam seni tari. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan seni tari memiliki potensi besar untuk meningkatkan proses pembelajaran, mengembangkan kreativitas, dan memperluas konektivitas global di kalangan komunitas seni tari. Dengan teknologi sebagai alat, siswa dan pelaku seni tari dapat mengakses sumber daya yang lebih luas, mengeksplorasi berbagai gaya tari dari seluruh dunia, dan berkolaborasi dengan sesama seniman secara online. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pendidikan seni tari memungkinkan adanya inovasi dalam metode pengajaran, seperti penggunaan aplikasi, perangkat lunak, dan multimedia interaktif. Hal ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk bereksperimen, menciptakan karya-karya baru, dan berbagi hasil karyanya dengan publik secara online. Dengan demikian, transformasi pendidikan seni tari melalui penggunaan teknologi memberikan peluang yang menjanjikan bagi pengembangan seni tari di masa depan. Penting bagi para pendidik dan praktisi seni tari untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan mengintegrasikannya secara kreatif dalam proses pembelajaran untuk mengoptimalkan potensi siswa dan memperluas dampak seni tari dalam masyarakat global.

 

Kata Kunci: Horison Kreativitas, Penggunaan Teknologi, Tinjauan Literatur, Transformasi Pendidikan Seni Tari

 


Full Text:

PDF

References


Buck-Pavlick, H. (2021). Engaging Virtual Dance Students Using Social Media Dances and Technology. Dance Education in Practice, 7(4), 15–20. https://doi.org/10.1080/23734833.2021.1988288

Dai, C.-P., Ke, F., Pan, Y., & Liu, Y. (2023). Exploring students’ learning support use in digital game-based math learning: A mixed-methods approach using machine learning and multi-cases study. Computers & Education, 194, 104698. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104698

Elyadi, M., & Ningsih, L. G. (2019). PERUBAHAN TARI GANDAI PADA MASYARAKAT MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(2), 291. https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.14674

Herdiani, E. (2021). SENI DAN TEKNOLOGI: Tantangan dan Peluang dalam Dunia Tari. PROSIDING: SENI, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT, 3, 1–4. https://doi.org/10.33153/semhas.v3i0.130

Hidayat, V. A. (2020). GERAK DAN RASA DALAM TARI MERAK JAWA BARAT. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(2), 104. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.804

Hye, S., Min. (2019). 360° VR Modern Dance Content Making for Trial Version & Exploration of Its Practical Use. The Korean Journal of Dance Studies, 73(1), 135–148. https://doi.org/10.16877/KJDS.73.1.201903.135

Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615

Kim, S. J. (2021). A Case Study for Arts Based Convergence Education Using Artificial Intelligence Technology. Dance Research Journal of Dance, 79(4), 263–280. https://doi.org/10.21317/ksd.79.4.15

Li, Z. (Michael). (2023). Shifts in Pedagogy and Autonomy in Virtual Dance Teaching and Learning. Journal of Dance Education, 1–9. https://doi.org/10.1080/15290824.2023.2170383

Li, Z., Zhou, M., & Teo, T. (2018). Mobile technology in dance education: A case study of three Canadian high school dance programs. Research in Dance Education, 19(2), 183–196. https://doi.org/10.1080/14647893.2017.1370449

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Ningsih, L. G., & Hernanda, A. H. (2022). Tari Makan Sirih sebagai Budaya Penyambutan Tamu di Batam Kepulauan Riau: Kajian Makna. JOURNAL OF MUSIC EDUCATION AND PERFORMING ARTS, 2(1), 26-34.

Riyanda, A. R., Jalinus, N., Sukardi, S., Waskito, W., Ranuharja, F., Samala, A. D., ... & Dewi, I. P. (2021). Augmented Reality Technology for 3D Photoelectric Simulation. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(3), 217-222.

Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). DESAIN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE MOBILE APP. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13–19. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.221

Samala, A. D., Usmeldi, Taali, Daineko, Y., Indarta, Y., Nando, Y. A., Anwar, M., Jaya, P., & Almasri. (2023). Global Publication Trends in Augmented Reality and Virtual Reality for Learning: The Last Twenty-One Years. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 13(2), 109–128. https://doi.org/10.3991/ijep.v13i2.35965

Setiawan, A. Y., Adzan, N. K., & Putra, R. W. (2021). PERSEPSI SISWA SMA DI BANDAR LAMPUNG TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PLATFORM SENI PERTUNJUKAN VIRTUAL. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 6(2).

Sofa, T. M. (2020). PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Imaji, 18(1), 25–31. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i1.30304

Suana, W., Riyanda, A. R., & Putri, N. M. A. A. (2019). Internet Access and Internet Self-efficacy of High School Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 110–117. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.8397

Sucitra, I. G. A. (2021). Menoreh Horizon Dialektika Seni Perupa Kulon Progo. Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Kulon Progo D.I Yogyakarta.

Sugiarto, E. (2019). Kreativitas, Seni, dan Pembelajarannya. LKiS; Yogyakarta.

Suhaya, S. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 1(1).

Syamsuri, M. M. F., Fadiawati, N., Riyanda, A. R., & Sagala, M. K. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak Kimia Berbasis Gawai sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 267. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.7616




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id