Aplikasi Geogebra Classic 5 Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika SMA

Wahyu Purnama Askar

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam berbagai kegiatan pendidikan menciptakan berbagai kemudahan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Penggunaan TIK dalam proses pendidikan diyakini dapat membuat pembelajaran lebih menarik, menjelaskan konsep dengan lebih jelas, mengembangkan kreativitas, keterampilan kolaborasi, dan banyak lagi. Karena mahasiswa masa kini merupakan generasi milenial yang sangat dekat dengan TIK dalam kesehariannya, maka penting untuk menggunakan TIK. Dalam pembelajaran matematika, GeoGebra merupakan salah satu software dinamis open source yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat belajar matematika dengan GeoGebra. Artikel ini membahas berbagai manfaat penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika, dan beberapa penelitian mendukungnya. Penerapan GeoGebra dalam pembelajaran matematika dapat digambarkan sebagai berikut: GeoGebra dapat digunakan untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep matematika dan merupakan sarana untuk mengkonstruksi konsep matematika. Penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika mengembangkan keterampilan penalaran matematis, menumbuhkan kreativitas, mendukung kolaborasi, dan lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Semakin banyak indera yang terlibat, semakin efektif dan efisien pembelajarannya.

 

Keywords: Aplikasi GeoGebra, Matematika, Media Pembelajaran


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v4.i1.202204


Full Text:

PDF

References


Adi, N. H., Veza, O., Simatupang, W., Irfan, D., Muskhir, M., Riyanda, A. R., & Daphiza, D. (2021). Development of Android-Based Interactive Learning Media on Listening, Imitating, and Reciting Materials for PAUD Students. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 279-291.

Adi, N. H., Wahdi, Y. W., Dewi, I. P., Samala, A. D., Lubis, A. L., & Devega, A. T. (2021). The Effectiveness of Learning Media as a Supporter of Online Learning in Computer Networking Courses. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(3), 278-283.

Adzan, N. K., Pamungkas, B., Juwita, D., & Riyanda, A. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Bedana berbasis Android. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1-10.

Batubara, H. S., Kurniawan, A., Bulan, I., Riyanda, A. R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2022). Performance Evaluation of Certified Teachers Using the Charlotte Danielson Model Approach. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5251-5260.

Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prisma, 9(1), 47-56.

Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Haekal, Z. A. T., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer. ikraith-informatika, 6(1), 90-99.

Harizahayu, H., & Tampubolon, F. R. (2021). Korelasi Pemahaman Mata Kuliah Logika Matematika Dengan Software Geogebra. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 92-106.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and learning calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra.

Hohenwarter, M., Jarvis, D., & Lavicza, Z. (2009). Linking Geometry, Algebra, and Mathematics Teachers: GeoGebra Software and the Establishment of the International GeoGebra Institute. International Journal for Technology in Mathematics Education, 16(2).

Hohenwarter, M., Preiner, J., & Yi, T. (2007, July). Incorporating GeoGebra into teaching mathematics at the college level. In Proceedings of the International Conference for Technology in Collegiate Mathematics 2007.

I Dewa Putu Nyeneng, I. D. P. N., & Afif Rahman Riyanda, A. R. R. (2019). Feasibility Test for Android-Based Mobile Learning on High School Content. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 151-158.

Indarta, Y., Dewi, I. P., Asnur, L., Ranuharja, F., & Samala, A. D. (2021, December). Development of E-Module Courses Tata Boga 2 Based on Flip PDF Professional for Teaching Learning Process in The Pandemic of Covid 19. In 8th International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2021) (pp. 174-179). Atlantis Press.

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra dalam pembelajaran matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40-47.

Kesumawati, N. (2017, December). Geogebra sebagai solusi untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematika di era digital. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Narohita, G. A. (2014). Pemanfaatan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Grafik Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X MIA7 SMA Negeri 1 Singaraja. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 18(2), 3-4.

Priadi, M. A., & Riyanda, A. R. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1-13.

Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9-22.

Rezeki, S., Tama, B. J., & Yuliyani, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra di SMP dan SMK Prisma Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 565-571.

Riyanda, A. R. (2020). Kreativitas Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Al-huda Jatimulyo Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 56-61.

Riyanda, A. R., & Suana, W. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Adobe Flash CS6 Bagi Siswa Kelas XI RPL. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 1(2).

Saputra, B., Riyanda, A. R., & Surawan, G. C. (2020). Impact of Learning Content in Youtube on the Attitude of Information Technology Education Students. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1).

Suana, W., & Riyanda, A. R. (2019). Internet access and Internet self-efficacy of high school students. Journal of Educational Science and Technology, 5(2), 110-117.

Zengin, Y., Furkan, H., & Kutluca, T. (2012). The effect of dynamic mathematics software geogebra on student achievement in teaching of trigonometry. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 31, 183-187.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F24832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id