PENGEMBANGAN APLIKASI POCKET BOOK ANDROID PADA MATERI LISTRIK STATIS

Indrata Bayu Perdana, Feriansyah Sesunan, B. Anggit Wicaksono

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi pocket book android yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja pada materi listrik statis SMP. Menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluating), namun penelitian hanya dilaksanakan sampai tahap Implementation. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan buku saku elektronik berbasis Android untuk pembelajaran listrik statis mendapat skor ahli desain 3.61, ahli materi 3.50, uji praktisi 3.09 dengan kategori layak digunakan. sedangkan uji kemenarikan diperoleh skor 3.36 dengan kategori sangat menarik, kemudahanan diperoleh skor 3.40 dengan kategori sangat mudah, dan kemanfaatan diperoleh skor 3.53 dengan kategori sangat bermanfaat. Produk berupa pocket book dapat disimpulkan produk tersebut tervalidasi dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi listrik statis.

 


 


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2010). Media pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Evaluasi Proses Suatu Program. Jakarta: Bumi Aksara.

O’ Malley, C.,Vavoula, G., Glew, J. P., Taylor, J., & Sharples, M. (2003). Guidelines For Learning/ Teaching/ Tutoring in a Mobile Environtment. From http://www.mobilear.org/ download/results/guidelines.pdf

Purbasari, Rohmi Julia. (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pem-belajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Universitas Negeri Malang Vol. 1. No. 4.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Media Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Smaldino, Sharon E., Lowther Deborah L., Mims Clif., & Russel James D. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merrill Prentice Hall, Ohio.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafar, A. M. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMU Kelas X Berbasis Android. Jurnal UIN Alauddin Makasar.Vol. 4 No. 2 Hal. 101-110.

Wirawan, Panji Wisnu. (2011). Pengembangan Kemampuan e-Learning Berbasis Web ke dalam m-Learning. Jurnal Universitas Diponegoro. Vol. 2. No. 4 Hal. 22-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id