PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IT DENGAN JARINGAN E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASS BAGI GURU-GURU SMP/SMA DI KABUPATEN PESAWARAN
Abstract
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) sangat penting bagi seorang guru dalam merancang, melaksanakan, maupun mengevaluasi pembelajaran. Namun berdasarkan hasil analisis situasi di lapangan ternyata masih banyak guru-guru SMP/SMA di Kabupaten Pesawaran yang belum mampu mengoptimalkan pemanfaatan dan penggunaan ICT dalam proses pembelajaran di sekolah. Maka dari itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru tentang pemanfaataan jaringan e-learning berbasis virtual class dengan aplikasi Edmodo untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah atau di rumah. Metode yang digunakan adalah pelatihan dalam bentuk workshop, bimbingan teknis, dan pendampingan. Adapun tahapan kegiatannya meliputi tahap pra-survey dan analisis situasi, pematangan konsep pelaksanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, monitoring/ pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat pengetahuan peserta terhadap teori-teori dan konsep-konsep dasar Media Pembelajaran Berbasis ICT meningkat secara signifikan. (2) Kelompok materi yang bersifat kesungguhan atau sikap, mendapatkan antusiasme cukup tinggi. (3)Kelompok materi yang bersifat penguasan keterampilan praktis, belum dapat diketahui secara pasti, karena dibutuhkan waktu yang lebih panjang melalui pemantauan di lapangan.
Kata kunci: E-Learning, ICT, Media pembelajaran, Virtual class.
Full Text:
PDFReferences
Danim, Sudarwan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Effendi, Rus. 1989. Alat Peraga dan Pengembangannya. Makalah. Disampaikan pada Penlok P3G di Jakarta.
Fitriasari, Putri. 2020. Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning. Palembang: FKIP UPGRI.
Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Bandung: Tarsito.
Horton, William. 2006. E-Learning by Design. San Fransisco: Pfeiffer.
Prasetyo, Hoedi., dan Wahyudi Sutopo. 2018. Industri 4.0; Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri Volume 13 Nomor 1. Universitas Diponegoro Semarang.
Sadiman, Arief S. 1984. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV.Rajawali.
Surakhmad, Winarno. 1980. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Tarsito: Bandung.
Syahrul, Aini, dan Saleh. 2004. Teknologi informasi dan Pendidikan. Digital. Journal Al-Manär, Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.