PENYULUHAN DAN PELATIHAN SANITASI KANDANG DI DESA WAY MENCAR, KEC WAY TUBA, KAB WAY KANAN

Rita Rida Simamora, Auliya Syahrul Bahri, Daffa Rizky Alhafidz, Yustia Sabela Yuliani, Annisa Salsa Nafisah

Abstract


Provinsi Lampung memiliki peluang yang penting untuk mengembangkan peternakan ternak ruminansia, terutama kambing dan sapi, karena keberadaan sumber daya alam yang mendukung. Saat ini, peternakan kambing dan sapi rakyat telah tersebar luas, tetapi manajemen pemeliharaannya masih belum optimal. Peternak sering menghadapi kendala seperti kurangnya pengetahuan dalam menangani gangguan reproduksi dan kesehatan ternak, sanitasi kandang yang tidak sesuai dengan kondisi geografis daerah, serta keterbatasan akses terhadap bantuan pengobatan ternak. Sanitasi kandang ternak ruminansia merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitas ternak, serta mencegah penyebaran penyakit. Praktik sanitasi yang baik, seperti pembersihan rutin dan pengelolaan limbah kandang, menjadi kunci untuk mencapai kandang yang bersih dan sehat. Tulisan ini membahas pentingnya sanitasi kandang dan langkah-langkah praktis untuk mencapainya, dengan tujuan meningkatkan kesehatan ternak dan manfaat bagi peternak, lingkungan, dan masyarakat.
Kata kunci: Sanitasi ruminansia, Kesehatan ternak, Sapi dan kambing


Full Text:

PDF

References


Fawaid1, B. (2020). Sanitasi Kandang, Higiene Peternak, Serta Kualitas Fisik Dan Mikroorganisme. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 67-77.

Muhammad Mirandy Pratama Sirat1*, M. H. (2021). Penyuluhan Manajemen Kesehatan, Reproduksi, Sanitasi Kandang,dan Pengobatan Massal Ternak Kambing. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 303-313.

Nurdin, Nurdin, and Sahlan Sahlan. "Pemberdayaan Santri Millineal Pada Pondok Pesantren Darul Fallah Unismuh Makassar Melalui Penyuluhan dan Pelatihan Budidaya Ayam Kampung." Madaniya 4.2 (2023): 466-476.

Sirat, Muhammad Mirandy Pratama, et al. "Penyuluhan Manajemen Kesehatan, Reproduksi, Sanitasi Kandang, dan Pengobatan Massal Ternak Kambing." Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 7.3 (2021): 303-313.

Suherman, Suherman, and Edi Kurniawan. "Manajemen pengelolaan ternak kambing di desa batu mila sebagai pendapatan tambahan petani lahan kering." Jurnal Dedikasi Masyarakat 1.1 (2017): 7-13.

Mangisah, Istna Mangisah Istna, and Bambang Sukamto. "IbM–Peternak Itik Pelatihan Budidaya Itik Secara Semi Intensif Dan Penetasan Telur Di Desa Kebakalan Banjarnegara." INFO 18.1 (2017): 13-28.

Maskun, M., Winatha, I. K., & Utami, A. W. (2022). Pemanfaatan Limbah Organik Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Cair Ramah Lingkungandi Desa Negeri Agung. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 2(2), 89-96.

Nursanni, Banu, Dwiki Muda Yulanto, and Sarra Rahmadani. "Pembinaan Desinfeksi Kandang pada Peternakan Rakyat Sebagai Upaya Pencegahan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku." SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 2.4 (2022): 101-108.

Siburian, Cindy Claudia Debora. Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Kandang dengan Keluhan Penyakit Kulit pada Peternak Babi di Mandala Kecamatan Medan Denai Tahun 2020. Diss. Universitas Sumatera Utara, 2021.

Sapanca, Putu Lasmi Yuliyanthi, I. Wayan Cipta, and I. Made Suryana. "Peningkatan manajemen kelompok ternak babi di Kabupaten Bangli." Agrimeta 5.09 (2015): 90034.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.