STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DI PROVINSI LAMPUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fauziah Aryati, Sugeng Widodo, Rahma Kurnia Sri Utami, Yurmaidi Yurmaidi, Syaipudin Anwar

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19,pemerintah membuat kebijakan pembelajaran daring sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Dengan adanya kebijakan pembelajaran daring juga memberikan dampak pada minat anak-anak dalam belajar. Misalnya adalah belajar secara daring membuat anak-anak tidak fokus belajar. Selain itu, menjadi sulit bagi anak-anak untuk tetap belajar disaat mereka juga harus beradaptasi dengan periode "new normal", karena mereka kurang memahami esensi gawai mereka digunakan untuk belajar. Terlebih lagi anak-anak juga beranggapan bahwa mereka sedang berlibur. Maka, untuk mengatasi masalah ini diperlukannya strategi untuk mengurangi dampak tersebut dengan meningkatkan sistem pembelajaran pada pelajar sekolah dasar di Provinsi Lampung. Dalam membantu permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Desa 572 membuat program bimbingan belajar yang interaktif. Kegiatan ini dilakukan di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Tengah, dan Lampung Selatan. Metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, dan virtual reality dikombinasikan dengan permainan dan kompetisi. Kelebihan dari strategi ini yaitu sarana dan prasarana yang memadai dan antusiasme dari anak-anak serta masyarakat, sedangkan kekurangannya yaitu sulitnya menentukan waktu yang tepat untuk memungkinkan semua peserta didik mengikuti kegiatan. Hasil yang diperoleh ialah terdapat peningkatan kemampuan pelajar sekolah dasar yang mulai tertarik untuk belajar dengan adanya sistem pembelajaran tersebut.
Kata Kunci: covid, daring, strategi belajar, siswa SD, dan Provinsi Lampung.


Full Text:

PDF

References


Bao, W. 2020. COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March,113–115. Peking University. Beijing.

Chandra. 2009. Peran Partisipasi Kegiatan di Alam Masa anak, Pendidikan dan Jenis Kelamin sebagai Moderasi Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan. Disertasi. Program Magister Psikologi Fakultas Psikologi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Mahmud, I., Sholehurrohman, R., Suroto, S., & Junaidi, J. (2023). Strategi promosi pondok pesantren darussa’adah kh asyikin bandar lampung melalui optimalisasi media sosial youtube. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 3(1), 1-7.

Nasution, A.S., dan Nurdalilah. 2018. Membangkitkan Minat Belajar Siswa melalui lomba Cerdas Cermat. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian. Vol 1(1): 10-13.

Pauziah, R. 2017. Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Menirukan Pembacaan Pantun Anak di Kelas IV SD Negeri 19 Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 10(1): 42-26.

Rusman. 2011. Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.