PENERAPAN SISTEM DIGITAL MARKETING PADA PENJUALAN PRODUK HASIL OLAHAN KWT (KELOMPOK WANITA TANI) PEKON MUARA BARU

Suryadi Islami, arby tamaila, Andika S.D.R., Adelia Farisa, Suci Nurhaliza, Daudea Kirana Sari, Triavina Khairunisa, Mighuel A.S.N.

Abstract


Pekon Muara Baru merupakan salah satu pekon yang ada di Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Di Pekon Muara Baru ini terdapat Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mempunyai kegiatan rutin seperti menanam sayuran. Selain menanam sayuran Kelompok Wanita Tani (KWT) ini juga memproduksi makanan, seperti keripik ubi, keripik pare, kacang asin manis pedas, keripik tempe, dll. dan produk tersebut juga dijual oleh Kelompok Wanita Tani (KWT), namun proses pemasaran yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) ini hanya dengan menitipkan produk tersebut diwarung-warung yang ada disekitar Pekon Muara Baru dan mempromosikannya melalui mulut ke mulu. Oleh karena itu, dilaksanakan penyuluhan mengenai pengenalan dan pelatihan penerapan digital marketing oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) agar Kelompok Wanita Tani (KWT) dapat memasarkan produknya melalui media digital.

Kata kunci: penyuluhan, pengenalan, pelatihan, digital marketing.

Doihttp://dx.doi.org/10.23960/JIPS/v2i1.97-103


Full Text:

PDF

References


Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10

Diana, L., Dian, P., Tiara, S. A., Putri, A. R. N. C., & Agustina, S. (2022). Peranan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Umkm Crep’s Star. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 1-6.

Mardia, M., Hutabarat, M. L. P., Simanjuntak, M., Sipayung, R., Saragih, L., Simarmata, H. M. P.,& Weya, I. (2021). Strategi pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133.

Suwarni, E., Handayani, M. A., Fernando, Y., Saputra, F. E., Fitri, F., & Candra, A. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 187-192.

Taupiqqurrahman, T., Dirkareshza, R., Ramadhani, D. A., & DPS, R. H. (2022). Pelatihan Pembuatan Akun Marketplace Bagi Pelaku Umkm Dalam Mendukung Peningkatan Perekonomian Desa Di Kabupaten Indramayu. Abdi Masyarakat, 4(2).

Waziana, dkk (2022).Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (2) : 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.