PENDAMPINGAN PENULISAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI 4.0 BAGI GURU

Rohman Rohman, Ana Mentari

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara khusus bertujuan, meningkatkan pemahaman peserta tentang pembuatan bahan ajar PPKn berbasis kurikulum 2013 dan langkah-langkah dalam membuat bahan ajar pada pembelajaran PPKn; menumbuhkan sikap peserta pendampingan bahwa bahan ajar PPKn berbasis kurikulum 2013 penting untuk meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran PPKn; & meningkatkan kemampuan atau keterampilan peserta dalam membuat bahan ajar berbasis kurikulum 2013 sesuai dengan materi PPKn. Dalam upaya mencapain tujuan kegiatan ini, digunakan metode sebagai berikut, Ekspositori, Tanyajawab, Pemberian tugas, Diskusi kelompok, & Latihan. kegiatan praktek pembuatan bahan ajar secara individu dan kelompok. Dari hasil pelaksanaan pendampingan penulisan bahan ajar ini menunjukan ada perubahan pemahaman guru dan kemampuanya dalam penulisan bahan ajar PPKn. Dari peserta yang mengikuti 34 orang guru menunjukan hal yang sangat signifikan. Dalam kegiatan pelaksanaan ini para peserta terlihat sangat antusias dan bersemangat karena dapat dilihat dalam pelaksanaan dari awal sampai diakhir pertemuan masih tetap semangat.

Katakunci : Bahan Ajar, Kurikulum 2013, Revolusi

Doi: https://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v3i1.23-34


Full Text:

PDF

References


Amri, S. Dan Ahmadi, I. (2010) Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Bell, K., Moorhead, B., & Boetto, H. (2017). Social work students’ reflections on gender, social justice and human rights during a short-term study programme to India. International Social Work, 60(1), 32–44. https://doi.org/10.1177/0020872814559559

Bingimlas, K. A. (2009). Barriers to the Successful Integration of ICT in Teaching and Learning: A Review of Literature. Eurosia Journal of Matematics, Science and Technology Education, 5, 235-245.

Boetto H., Moorhead B., Bell K. (2014) Broadening the ‘environment’ in social work: Impacts of a study abroad program. Critical Social Work 15(1): 2–17.

Boetto H, Bell K. (2015). Environmental sustainability in social work education: An online initiative to encourage global citizenship. Internaional Social Work. 58(3),448–62.

Guillén-Gámez, F.D., Mayorga-Fernández, M.J. & Álvarez-García, F.J. (2020). A Study on the Actual Use of Digital Competence in the Practicum of Education Degree. Tech Know Learn. 25, 667–684 https://doi.org/10.1007/s10758-018-9390-z

Jooste N, Heleta S. (2016). Global Citizenship Versus Globally Competent Graduates. J Stud Int Educ. 21(1),39–51.

Jooste N, Heleta S. (2017). Global Citizenship Versus Globally Competent Graduates: A Critical View From the South. J Stud Int Educ. 21(1), 39–51.

Livingstone S. (2012). Critical reflections on the benefits of ICT in education. Oxford Rev Educ.38(1),9–24.

Nurmalisa, Y., Mentari, A., Nurhayati, N., & Yanzi, H. (2019). Peranan Pendidikan Budi Pekerti Dalam Pembinaan Warga Negara Cerdas yang Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip 2019 (pp. 413-426).

Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 34-46.

Park SC. (2018). The Fourth Industrial Revolution and implications for innovative cluster policies. AI Soc [Internet]. 33(3):433–45. Available from: http://dx.doi.org/10.1007/s00146-017-0777-5

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.

Wagino & Zaenuddin. (2015). Pembuatan media pembelajaran interaktif dengan perangkat lunak ispring presentar di SMAN 4 banjarmasin. Jurnal Al-ikhlas. 1(1), 20-27.

Widowati, A. (2010). Pengaruh Mind Map terhadap kemampuan kognitif dan kreativitas siswa dalam pembelajaran sains meaningfully. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Th X, 10(2).

Yanzi, H., Hidayat, O. T., Mentari, A., & Budimansyah, D. (2019). Global Citizens Awareness through Digital Literacy in the Fourth Industrial Revolution: A Review of the Literature. Series: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 317(13), 65-69.

Yusri, R. & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal IPTEK Terapan. 11(1), 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.