SOSIALISASI DIGITALISASI PENDIDIKAN MELALUI PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY
Abstract
ABSTRAK
Mekanisme pembelajaran online biasanya dilaksanakan menggunakan video conference melalui sebuah aplikasi sehingga memungkinkan kegiatan belajar mengajar lebih interaktif. Intensitas ketertarikan terhadap sistem pembelajaran online terus menurun sebanding dengan meningkatnya rasa bosan pelajar. Akibat dari rasa bosan tersebut, pada beberapa kasus para pelajar hanya mementingkan absensi dan selanjutnya mengabaikan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan inovasi penerapan media pembelajaran yang lebih menarik didalam proses pelaksaanaan belajar mengajar sehingga bisa menjadi media pembelajaran yang solutif dan inovatif, yakni melalui media berbasis teknologi Virtual Reality (VR). VR menciptakan simulasi imersif yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi sekaligus merasa berada di dalam lingkungan yang ada dalam dunia maya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai media pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru, memberikan pengalaman dan kiat-kiat dalam membuat media pembelajaran Virtual Reality (VR) yang dapat dilakukan oleh guru, dan memberikan pengetahuan tentang kebermanfaatan dalam menghasilkan media pembelajaran. Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di SMP IT Bina Adzkia ini Guru mampu memahami apa saja jenis-jenis media pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran online, Guru mampu untuk membuat media pembelajaran virtual reality, dan Guru memperoleh pemahaman mengenai pemanfaatan media pembelajaran yang bervariasi sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme guru.
Kata Kunci: Digitalisasi Pendidikan; Pembelajaran; Virtual Reality
Doi: https://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v3i1.35-40
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Edutcehnologia, 2(2), 36–38.
Asikin, N., Nevrita, N., & Alpindo, O. (2019). Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis virtual reality untuk guru-guru IPA kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71-76.
Buchori, A., Rahmawati, N. D., Prasetyowati, D., & Setiawan, A. (2022). Pelatihan Hypermedia Berbasis Virtual Reality Bagi Guru Guru MAN 2 Kudus. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 4(1).
Budiarti, Jeffry Handhika, and Sulistyaning Kartikawati. (2017). “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro). 2(2).
Kusumadewi, N., Nurizki, A. F., Pratama, A. B., & Semarang, U. N. (2019). Mvr Abbas: Multimedia Virtual Reality Game Berbicara Arabi: Journal of Arabic Studies. 4(1), 45–54.
Mambu, J. Y., Wahyudi, A. K., & Posumah, F. (2019). Aplikasi Simulasi Public Speaking Berbasis Virtual Reality. CogITo Smart Journal, 4 (2), 327. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.139.327-336.
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49-58.
Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2018). Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 256. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.11994.
Wiradhika, N., Sastromiharjo, A., Mulyati, Y., & Indonesia, U. P. (2020). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Untuk Meningkatkan. 396–401.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.