KONTRIBUSI MAHASISWA UNILA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN DAN MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI DESA BANDAR DALAM

Amanda Mustika Dehana, Nissa Cesara Nurafafa, Dwi Rahayu, Eduardus Yuvens Kurniawan

Abstract


Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar, al-Qur'an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak, namun al- Qur'an juga mengandung isyarat-isyarat ilmiah yakni mengandung ayat-ayat sains dan teknologi. Membaca dan Menghafal Alquran merupakan salah satu pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini guna mengembangkan potensi religuis yang dimiliki anak. Kemampuan yang dimiliki anak-anak perlu di asah dengan diadakannya kegiatan yang mendukung serta dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak. KKN universitas lampung periode 1 tahun 2022 membantu TPA Al-muhajirin untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki tentang membaca Al-Quran dan hafalan yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kuliah kerja nyata yaitu metode observasi secara langsung. Adapun hasil yang ingin dicapai dalam program kerja KKN yaitu mengajar ngaji di TPA untuk dapat belajar pengenalan dan memahami serta membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Kata Kunci : Membaca Al-Quran, Kepercayaan Diri.

Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v1i2.94-99


Full Text:

PDF

References


Hastuti, Widya. (2020). Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Mengaji Anak TPA Nurul Aisyah di Kabupaten Bone. Undergraduate thesis: IAIN Parepare.

Syahrudin, R.M. & Alfarisi, Usman. (2021). Peningkatan Kemapuan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an. Fakultas Agama Islam: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Tanjung, Z. & Amelia, Sinta. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Indonesia: Jurnal Riset Tindakan Indonesia.

Administrator. (2020). Ciptakan Generasi Islami melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an.Yogyakarta: Artikel Kalurahan Kebonharjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.