RUMAH BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN SEMANGAT PESERTA DIDIK DI KAMPUNG KOTA BARU AKIBAT SISTEM PEMBELAJARAN SECARA DARING DI KAMPUNG KOTA BARU

Tedi Rusman, Yarmaidi Yarmaidi, Sugeng Widodo, Andi Adam Rahmanto, Anggitha Dwi Rahayu

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia mempengaruhi proses pembelajaran anak sekolah, khususnya di Indonesia. Mereka diharuskan belajar dari rumah secara daring sehingga memerlukan pendampingan dari orang tua. Orang tua dari anak-anak dengan berbagai latar belakang pendidikannya belum optimal dalam melakukan pendampingan belajar ini. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik di Kampung Kota Baru, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis dengan bekerjasama dengan aparat kampung melakukan pendampingan pembelajaran kepada peserta didik. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa Universitas Lampung sebagai upaya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan rumah belajar ini memberikan banyak manfaat, wawasan, dan pengetahuan kepada anak-anak di Kampung Kota Baru, terutama dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar. Metode penulisan yang dipilih untuk artikel ini adalah menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan model deskriptif-eksplanatif. Hasil dari program rumah belajar ini ditujukan dengan bertambahnya semangat belajar peserta didik, anak yang tidak dapat membaca menjadi bisa membaca, dan perkembangan yang cukup signifikan dalam pmbelajaran yang terjadi di dalam kelas. Dengan demikian, optimalisasi rumah belajar dapat memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran anak pasca terjadinya pandemic Covid 19.

Kata Kunci: Rumah Belajar, Semangat Belajar, Pasca Pandemi Covid 19

Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2.i2.77-82


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3).

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. In Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (pp. 224–232).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta,CV.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Wibowo, dkk. 2018. Program Zonasi di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21.2: 206- 213.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.