PELATIHAN PEMBUATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH) BAGI GURU-GURU SD/MI/SMP/MTs. DI KABUPATEN PESISIR BARAT
Abstract
Pelatihan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) bagi Guru-Guru SD/MI/SMP/MTs dilakukan di Kabupaten Pesisir Barat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Penelitian Universitas Lampung yang berjumlah 4 orang dan dibantu oleh 2 mahasiswa dengan diikuti oleh 16 orang guru SD/SMP sederajat di Kabupaten Pesisir Barat terutama yang berasal dari Kecamatan Ngambur, Pesisir Selatan dan Bengkunat. Berdasarkan pengamatan selama berlangsungnya kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini berlangsung baik dan lancar. Perhatian dan motivasi para peserta cukup tinggi yang dapat dilihat dari tingginya animo para peserta untuk bertanya dan berdiskusi. Berdasarkan pembahasan, diperoleh hasil yaitu: (a) untuk bidang materi kognitif atau pengetahuan dapat dikatakan meningkat secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir terdapat peningkatan sebanyak 10 orang atau 62,50 %, (b) dalam bidang penguasaan materi yang bersifat pemahaman atau sikap, juga mengalami peningkatan secara siginifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir terdapat peningkatan nilai yang dicapai sebanyak 9 orang atau 56,25 %, (c) dalam bidang penguasaan materi yang bersifat keterampilan praktis, sampai berakhirnya kegiatan ini belum dapat diketahui secara pasti, karena dibutuhkan waktu yang lebih panjang melalui pemantauan di lapangan.
Kata Kunci : Tindakan Kelas, Pelatihan, Penelitian
Full Text:
PDFReferences
Adha, A. M. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iv Sdn Sukapura 01 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Fathurrohman, M. (2016). Pengembangan Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 19-42.
Haerullah, A., & Hasan, S. (2021). PTK & Inovasi Guru. uwais inspirasi indonesia.
Herlandy, P. B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). Pelatihan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan teknik publikasi jurnal ilmiah bagi Guru SMK Negeri 1 Rengat. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 38-42.
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39-46.
Mardiyan, R. (2012). Peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas xi ips 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar pendidikan, 10(2), 151-162.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-kabupaten bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28-33.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10-23.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Rahmat, A., & Husain, R. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Zahir Publishing.
Salshabella, D. C., Pujiati, P., & Rahmawati, F. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pemebelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Akuntansi. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 35-43.
Salshabella, D. C., Winatha, I. K., Ramadhan, G., Yulianto, R., & Rahmawati, F. (2022, January). Building Student Self-Directed Learning Through Virtual and Flipped Classroom. In Universitas Lampung International Conference on Social Sciences (ULICoSS 2021) (pp. 282-286). Atlantis Press.
Siregar, I. F. (2011). Pelatihan pengembangan laporan hasil penelitian tindakan kelas menjadi artikel ilmiah untuk jurnal bagi guru guru sekolah dasar Kota Semarang dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional. Jurnal Abdimas, 15(2), 121-130.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Udil, P. A. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas untuk publikasi pada jurnal iIlmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21-27.
Wijayanti, S. H., Ariani, Y. D., & Triwarmiyati, M. (2016). Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Cisauk Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Kaji Tindak: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 55-62.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.