PENYUSUNAN LKPD UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU

Sugeng Widodo, Pargito Pargito, Dian Utami, Rahma Kurnia Sri Utami

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi Pelatihan bagi guru dalam mendukung kinerja meningkatkan kompetensi. Sasaran kegiatan adalah guru sekolah menengah pertama (SMP). Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode Ceramah dan Praktik Langsung, Tanya Jawab, dan Pemberian Tugas untuk melatih guru dalam menyusun lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan berikut, yaitu: Pre tes, pemaparan materi teori belajar dan aplikasinya, pelatihan penyusunan LKPD secara berkelompok dilanjutkan mandiri, presentasi hasil kerja kelompok, dan post-test. Secara keseluruhan dari rangkaian kegiatan LKPD tersebut dipandang positif dapat dapat meningkatkan profesionalistas peserta kegiatan.

Kata kunci: Pelatihan, Penyusunan LKPD, guru IPS

Doi: https://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2i2.64-69


Full Text:

PDF

References


Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses sains dan instrumen asesmen KPS bagi guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7-11.

Danial, M., & Sanusi, W. (2020). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 9).

Istiqomah, E. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sebagai Bahan Ajar Biologi. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-15.

Kartini, L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd). Yogyakarta: Universitas Yogyakarta

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.