PENYUSUNAN LKPD UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi Pelatihan bagi guru dalam mendukung kinerja meningkatkan kompetensi. Sasaran kegiatan adalah guru sekolah menengah pertama (SMP). Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode Ceramah dan Praktik Langsung, Tanya Jawab, dan Pemberian Tugas untuk melatih guru dalam menyusun lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan berikut, yaitu: Pre tes, pemaparan materi teori belajar dan aplikasinya, pelatihan penyusunan LKPD secara berkelompok dilanjutkan mandiri, presentasi hasil kerja kelompok, dan post-test. Secara keseluruhan dari rangkaian kegiatan LKPD tersebut dipandang positif dapat dapat meningkatkan profesionalistas peserta kegiatan.
Kata kunci: Pelatihan, Penyusunan LKPD, guru IPS
Full Text:
PDFReferences
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses sains dan instrumen asesmen KPS bagi guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7-11.
Danial, M., & Sanusi, W. (2020). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 9).
Istiqomah, E. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sebagai Bahan Ajar Biologi. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-15.
Kartini, L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd). Yogyakarta: Universitas Yogyakarta
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.