STRATEGI PENINGKATAN SELF-DIRECTED LEARNING MELALUI PEMAHAMAN LITERASI PADA ONLINE LEARNING

Suroto Suroto, I Komang Winatha, Fanni Rahmawati

Abstract


Peningkatan nalar kemampuan mahasiswa untuk berinisiatif dan memiliki tanggung jawab dengan penuh kesadaran dalam belajar secara mandiri (self directed learning) tentu menjadi perhatian saat ini. Dalam situasi pembelajaran yang dilakukan secara daring artinya tanpa tatap muka dengan pendidik secara langsung, setiap mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan menentukan strategi dalam belajar, dan kemampuan evaluasi secara mandiri dengan baik, keterampilan intrapersonal tiap-tiap mahasiswa akan terlihat. Kegiatan Self directed learning tidak dapat dipisahkan dengan pemahaman akan pentingnya literasi, kemandirian mahasiswa dalam belajar secara mandiri akan mudah dicapai apabila mahasiswa telah memiliki kemampuan ketika memahami dan mengolah berbagai informasi yang ditemui ketika membaca atau menulis. Pembelajaran yang saat ini dilaksanakan secara virtual atau dalam jaringan tentu memperluas ragam informasi dan sumber belajar, pengusaan literasi berbasis data yang tidak hanya mengandalkan buku teks. Kegiatan dalam pengabdian ini difokuskan untuk mengoptimalkan kemandirian mahasiswa dalam belajar dengan meningkatkan kemampuan literasi pada pembelajaran daring.

Kata kunci: Literasi, Online Learing, Self directed learning

Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2i1.22-27


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.