PENGUATAN INOVASI PEMBELAJARAN GURU DI ERA INDUSTRI 4.0 SMA NEGERI 1 KENDAL

Ahmad Jaenudin, Kemal Budi Mulyono

Abstract


Proses pembelajaran yang menarik dan materi yang dapat dengan mudah tersampaikan kepada peserta didik adalah tanggung jawab seorang guru dalam mengelola pembelajaran. Penyelarasan atau adaptasi dengan perkembangan teknologi membuat guru harus berpikir panjang dalam memberikan pelayan pengajaran kepada peserta didik. Penguasaan teknologi menjadi masalah utama bagi seorang guru terutama guru senior. Terlebih lagi kondisi pandemi yang disebabkan oleh Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) membuat proses pembelajaran langsung atau tatap muka digantikan dengan pembelajaran daring atau online learning. Sehingga harus ada upaya inovasi pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar kondusif. Melalui kegiatan pengabdian ini, guru-guru dapat memperoleh pemahaman terkait dengan inovasi pembelajaran dan harapannya dapat menjadi pendidikan yang memiliki keterampilah dalam pengelolaah kelas agar oembelajaran dapat lebih menarik dan membuat peserta didik berpartisipasi secara aktif. Upaya ini dilakukan tim pengabdi untuk memberikan sosialisasi, pengetahuan serta workshop kepada guru akan pentingnya inovasi dalam pembelajaran untuk menyesuaikan kebutuhan pembelajaran di era industri 4.0.

Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, era industri 4.0

Doi: https://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v1i1.32-42


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.