Penggunaan Soal HOTS Ekonomi Berbasis CBT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu

HERI SUPRANOTO

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil belajar  siswa kelas XII SMAN 2 Ulubelu mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilakukan   dalam   bentuk   penelitian tindakan   kelas   (Classroom   Action Research). Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan    kelas    ini    langsung dilaksanakan  oleh  guru  dalam  bentuk  pengajaran, dengan melakukan  tindakan-tindakan  tentu  agar  dapat  meningkatkan hasil belajar    siswa. Dalam    pelaksanaannya    penelitian dilakukan  sebanyak  2  siklus.  Berdasarkan analisa hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT mengalami peningkatan. Data hasil belajar  Siklus I untuk nilai terendah sebesar 32, sedangkan pada Siklus II yaitu 68. Adapaun untuk nilai rata-rata untuk Siklus I sebesar 78,67 sedangkan pada Siklus II yaitu 88. sedangkan untuk nilai tertinggi untuk Siklus I dan untuk Siklus II sama-sama sebesar 100. Berarti dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu.


Full Text:

PDF

References


Anderson dan Krathwohl. 2002. Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnellis. 2014. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika untuk Pembentukan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA: UNP

Butkowski, J., Corrigan, C., Nemeth, T., & Spen cer, L. (1994). Improving student higher order thinking skills in mathematics. Theses, MathematicsEducation Research. Saint Xavier University-IRI, Field-Based Master’s Program.

Devi, P. K. (13 Mei 2012). Pengembangan Soal “Higher Order Thinking Skill” dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs. Diambil tanggal 23 Juni 2013, dari http://p4tkipa.net/data-jurnal/HOTS .Poppy.pdf.

Effendi Sofian.2012. Metode Penelitian Survei.Jakarta:LP3ES

Gunawan, A. W. (2003). Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

I. Varank, et. al. 2014. Effectiveness of an Online Automated Evaluation and Feedback System in an Introductory Computer Literacy Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education (Vol. 10, No. 5: 395-404). EJMSTE, Ankara, Turkey: ISSN 1305-8223. www.ejmste.com

Juhri. 2013. Landasan & Wawasan Pendidikan. Metro: Lestari.

Karwono. 2012. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

King, Goodson dan Rohani. (1998). Higher order thinking skills. [online]. Tersedia: http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf [diakses 5 Desember 2014]

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Moore, D.T 2010. Critical Thingking And Intelegence Analysis. Washington: Diane Publishing

Ormrod, JE. (2003). Educational psychology : developing learners. New Jersey, Person Education Inc.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dan Dosen: 2011. Bandar Lampug.

Retnawati, H. (2015, October). The Comparison of Accuracy Scores on the Paper and Pencil Testing vs. Computer-Based Testing. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology.

Sampurna, K. 2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Cipta Karya

Saputra, Adi. 2015. Pengembangan Butir Soal HOTS (Higher Order of Thinking Skill).file:///F:/Penelitian/Soal%20HOTS /Oase%20pembelajaran%20%20pengembangan%20butir%20soal%20HOTS%20(Higher%20Order%20of%20Thinking%20Skill).htm. (Diakses tanggal 15 Februari 2017)

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Widodo, Tri Dkk. 2013. Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalahuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi PembentukanKarakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan Th. Xxxii, No. 1 : Fmipa Universitas Negeri Semarang (diakses tanggal 24 Januari 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia