Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah se-Provinsi Lampung

Undang Rosidin, Neni Hasnunidah, Eko Suyanto, Santy Setiawati

Abstract


Abstrak

Hasil analisis kebutuhan bahwa hanya 13,33% guru yang menunjukkan motivasi tinggi dalam menulis terutama artikel ilmiah. Namun demikian, 88,89% guru menyatakan membutuhkan kegiatan dalam meningkatkan keterampilannya dalam menghasilkan karya tulis ilmiah.. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, perlu diselenggarakan pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan bimbingan teknis yang bertujuan untuk memberikan kemampuan dan keterampilan bagi guru pendidikan dasar dan pendidikan menengah se-Provinsi Lampung dalam penulisan karya tulis ilmiah beserta publikaisnya. Rangkaian kegiatan pengabdian adalah: (1) pretest untuk mengetahui pengetahuan guru tentang karya tulis ilmiah, penelitian Tindakan kelas, artikel ilmiah, dan publikasi karya tulis ilmiah; (2) pelatihan dan workshop tentang karya tulis ilmiah; (3) bimbingan teknis penulisan artikel ilmiah dari karya tulis ilmiah; (4) bimbingan teknis publikasi artikel ilmiah; dan (5) posttest untuk mengetahui perkembangan pengetahuan dan keterampilan guru. Kegiatan telah dilaksanakan dengan pelatihan, workshop dan bimbingan teknis oleh ahli. Luaran yang ditargetkan berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah, draf artikel ilmiah yang dibuat oleh guru/peserta, serta publikasi pada jurnal pengabdian kepada masyarakat. Hasil bimtek menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru sekolah dasar dan menengah tentang karya tulis ilmiah. Hal ini didasarkan terjadinya peningkatan pemahaman tentang karya tulis ilmiah pada setiap komponen pertanyaan.

 

Kata Kunci: bimbingan teknis; guru; karya tulis ilmiah; publikasi

 

Abstract

The results of the needs analysis show that only 13.33% of teachers show high motivation in writing, especially scientific articles. However, 88.89% of teachers stated that they needed activities to improve their skills in producing scientific papers. To answer this need, it is necessary to provide community service in the form of technical guidance activities which aim to provide abilities and skills for primary education and secondary education teachers throughout Lampung Province in writing scientific papers and their publications. The series of activities are: (1) pretest to determine the teacher's knowledge about scientific writing, classroom action research, scientific articles, and publication of scientific papers; (2) presentation of material regarding scientific papers; (3) technical guidance on writing scientific articles from scientific papers; (4) technical guidance for the publication of scientific articles; and (5) posttest to determine the development of teacher knowledge and skills. Activities have been carried out with training, workshops and technical guidance by experts. The targeted output is increasing teachers' knowledge and skills in writing scientific papers, drafting scientific articles created by teachers/participants, as well as publication in community service journals. The results of the technical guidance show that this training activity is effective in improving the understanding and skills of primary and secondary school teachers regarding scientific writing. This is based on an increase in understanding of scientific writing in each question component.

 

Keywords: publications; scientific papers; , teachers; technical guidance

 

 

DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v3i2.hal.46-51


References


Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G.P. 2018. IMB Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abdimas UNNES 22(2), 137-142.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2010. Jakarta: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sahidin, L., & Jamil, D. 2013. Pengaruh Motivasi Berpresentasi dan Persepsi Siswa tentang Cara Guru Mengajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212-222.

Sauri, S. 2010. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Pofesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1-15.

Setiawan, A. 2019. Peran Keterampilan Menulis dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra 3 dengan Tema Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Globalisasi, Malang 20 Oktober 2019, 1118-1121.

Supriyanto, A. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abdimas Pedagogi, 1(1), 1- 7.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Fokus Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453