Template
WORKSHOP HAPPINESS LEARNING DAN KECEMASAN MATEMATIKA GENERASI DIGITAL PADA TATANAN KEHIDUPAN BARU
Abstract
Menurunnya kemampuan akademis di bidang matematika dan munculnya kecemasan matematika di benak siswa merupakan dampak dari memahami konsep-konsep matematika dengan pembelajaran daring. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk membantu dan meningkatkan kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran yang menyenangkan bagi generasi digital menuju tatanan kehidupan baru dan memfasilitasi guru agar mampu menganalisis kecemasan matematika yang dialami siswa dan mampu mengatasinya agar siswa dapat belajar dengan optimal. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan mulai tanggal 25 s.d. 27 Oktober 2020 secara daring (online) melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. Kegiatan ini melibatkan 17 orang guru Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung. Guru mengungkapkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring sebanyak 53% kurang memuaskan. Guru pun mengutarakan mengatasi siswa yang kesulitan dalam pembelajaran matematika dengan memberikan bimbingan, perhatian khusus dan mengulang-ulang penjelasan. Setelah guru mengikuti pemaparan materi dan penyusunan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran menyenangkan untuk mengatasi kecemasan matematis, 82% guru mengungkapkan lebih mudah menyusun lagu matematika, dikarenakan mudah dikaitkan dengan lagu yang dikenal anak-anak. Wawasan guru dalam media pembelajaran matematika harus lebih beragam lagi. Penyusunan media pembelajaran selanjutnya diperlukan secara digital mengingat tatanan kehidupan baru semenjak terjadinya pandemi Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Godbey, C. (1997). Mathematics Anxiety and The Underprepared Student. Informstion Center Eric, 52(1), 13–24. https://doi.org/01990 o63
Rajasa, M.A. 2020. Virus corona: Tak semua pengajar, siswa siap terapkan 'sekolah di rumah'. [Online]. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51906763.
Wahyudi, D. & Azizah, H. 2016. Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan dengan Konsep Learning Revolution. Attarbiyah, Volume 26, 2016, pp.1-28,
https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v26.1-28
Wang, Z., Lukowski, S. L., Hart, S. A., Lyons, I. M., Thompson, L. A., Kovas, Y., … Petrill, S. A. (2015). Is math anxiety always bad for math learning? The role of math motivation. Psychological Science, 26(12), 1863–1876. https://doi.org/10.1177/0956797615602471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas Lampung. All rights reserved. p-ISSN 2807-2251| e-ISSN 2798-9453