PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 BAGI GURU SD SE -KOTA BANDAR LAMPUNG

Patuan Raja, Sunyono Sunyono, Viyanti Viyanti, Fitri Daryanti

Abstract


Perkembangan Abad 21 menuntut kesiapan guru dalam berkontribusi dan berkompetisi dalam persaingan dunia global. Guru dituntut memfasilitasi pembelajaran yang didorong oleh perkembangan abad 21, meliputi: (1) capaian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, (2) beragam materi ajar yang lebih kompleks dan sulit, (3) standard proses pembelajaran, dan (4) transformasi aspek sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru SD di Kota Bandar Lampung dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis keterampilan abad 21. Metode yang digunakan yaitu metode informatif-partisipatif, yaitu metode yang menghendaki para guru untuk memiliki wawasan secara teoritis dan praktis dalam penyusunan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 melalui tahap kegiatan penyajian informasi, diskusi dan simulasi atau latihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa capaian kemampuan akhir peserta pelatihan mencapai 83,2% baik sekali, 12,47 baik dan peserta kemampuan akhirnya kurang sekitar 4,33%. Capaian tersebut mengindikasikan bahwa pelatihan telah berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis keterampilan abad 21.

 

DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v1i2.hal.88-95


Keywords


guru SD; keterampilan abad 21; perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ghafur, A. 2007. Bahan Diklat Profesi Guru: Sertifikasi Guru Rayon II DIY-Jateng. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gunawan, I. 2011. Merekonstruksi Fitrah Pendidikan. Komunikasi, Majalah Kampus Universitas Negeri Malang Tahun 33 Nomor 276 September - Oktober 2011, hlm. 32.

Gunawan, I. 2016. Model of Educational Leadership in the Implementation of Curriculum 2013. Proceedings the 4th International Conference Language, Society, and Culture in Asian Contexts (LSCAC 2016) on Cultivating and Casting Asian Diversities: Empowering the Asians, 24-25 Mei, hlm. 1109-1118.

Gunawan, I. 2017. Instructional Management in Indonesia: A Case Study. Journal of Arts, Science and Commerce, 8(1), 99-107.

Hamalik, O. 2004. Pengembangan Kurikulum: Dasar-dasar dan Pengembangannya. Bandung: Mandar Maju.

Metiri Group. (2003). enGauge 21st century skills for 21st century learners. Retrieved October 29, 2010 from http://www.metiri.com/21/Metiri-NCREL21stSkills.pdf

Partnership for 21st Century Skills. 2006. Framework for 21st century learning. Retrieved April 2014 from http://www.p21.org/documents/ProfDev.pdf

Partnership for 21st Century Skills. 2009. Professional development for the 21st century. Retrieve May 2014 from http://www.p21.org/documents/P21_Framework.pdf

Permendikbud Nomor 32 Tahun 2013 pasal 20

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013

Prabowo, S. L., dan Nurmaliyah, F. 2010. Perencanaan Pembelajaran: Pada Bidang Studi, Bidang Studi Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling. Malang: UIN Maliki Press.

Saud, U. S. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Soetopo, H. 2003. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Dalam

Imron, A., Maisyaroh, dan Burhanuddin, (Eds.), Manajemen Pendidikan Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Latar Institusi

Pendidikan (hlm. 25-42). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang

Trilling, B & Fadel, C (2009). “21st Century Skills Learning For Life In Our Times” Josse Bass, Sanfransisco CA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453