KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA GARAM HIDROLISIS MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING

Musfiroh Musfiroh, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


The aim of this research described effective-ness of problem solving model in improving students' ability to ask and answer the questions on hydrolysis salt topic. Samples were students of the 11th grade of IPA4 as an experimental class and 11th grade of IPA6 as a control class. This research used quasy experiment method with Non-Equivalent Control Group Design. The results showed that the average value of n-Gain students in the experimental class is higher than the control class. The hypothesis was tested by using t test on n-Gain data. Based on the results of hypothesis testing, it can be concluded that problem solving model was effective in improving students' ability to asking and answering questions on hydrolysis salt topic.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan ke-mampuan siswa bertanya dan menjawab pertanyaan pada materi garam hidrolisis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA6 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hipotesis diuji dengan menganalisis data n-Gain menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa bertanya dan menjawab pertanyaan pada materi garam hidrolisis.

Kata Kunci : bertanya dan menjawab pertanyaan, hidrolisis garam, model problem solving


Full Text:

PDF

References


Costa, A. L. 1985. Developing Minds : A Resource Book for Teaching Thinking. West Street Alexandria, Virginia : ASCD.

Creswell, J. W. 2003. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches Second Edition. New Delhi : Sage Publications.

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Duron, R., dan Waugh, B. L. (2006). Critical Thinking Framework For Any Discipline. Inter. J. Teach. Learn. Higher Educ., 17(2) : 160-166.

Ersoy, E., dan Gner, P. 2015. The Place of Problem Solving and Mathematical Thinking. The Online Journal of New Horizon in Education, 5 (1) : 120-130.

Faradilla, R. 2013. Analisis Keterampilan Memberikan Penjelasan Sederhana pada Materi Koloid Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Mergendoller, J. R. dan Maxwell, L.N. 2006. The Effectiveness of Problem Based Instruction : A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. The Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning, 1(2) : 1-69.

Rismalinda, A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Saputra, A. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Sumiati dan Asra. 2008. Model Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.

Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung : Aura.

Suryani, L A. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.

Wulantika, A. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Keaktifan Bertanya pada Siswa SMA Negeri 1 Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3): 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.