LEMBAR KERJA SISWA KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DENGAN MODEL SIMAYANG TIPE II
Abstract
This study aimed to develop student worksheets based on multiple representations with learning model of SiMaYang type II to arise students mental models and concept mastery. This study used Research and Development method, including: a preliminary studies, student worksheets design and expert testing and limited trial. Expert testing was conducted on student worksheets yield that it has developedby threevalidators. Limited trial of student worksheets was conducted in 10thgrade of IPA3 of SMA Gajah Mada Bandarlampung to see practicality and effectiveness of it. The results of the study showed that student worksheets was developed has: (1) high validity, 2) high practicality and effectiveness; (3) Mental models of students could be grown toward good and very good mental model; (4) Concept mastery of students increased with medium n-Gain categorized.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis multipel representasi dengan model pembelajaaran SiMaYang Tipe II untuk menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan yang mencakup: studi pendahuluan, desain LKS dan uji ahli serta uji coba terbatas. Uji ahli dilakukan terhadap LKS hasil pengembangan oleh tiga orang validator. Uji coba terbatas dilakukan pada kelas X IPA3 SMA Gajah Mada Bandarlampung untuk melihat kepraktisan dan keefektivan dari LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki: (1) validitas yang tinggi; (2) kepraktisan dan keefektivan yang tinggi; 3) model mental siswa yang dapat ditumbuhkan kearah model mental baik dan sangat baik; 4) penguasaan konsep siswa meningkat dengan n-Gain berkategori sedang.
Kata kunci : LKS, model mental, model SiMaYang Tipe II, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Rohaeti, E. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia untuk SMP. (FKIP UNS Journal Systems). 10 (1), 1-19.
Salirawati, D. 2010. Optimalisasi Pendidikan Nilai/Karakter dalam Pendidikan Kimia Masa Depan. Seminar Nasional Kimia dengan Tema Profesionalisme Peneliti dan Pendidik dalam Riset dan Pembelajaran Kimia yang Berkualitas dan Berkarakter. Hal. 1-12.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & DCetakan ke-17. Bandung: Alfabeta.
Sunyono. 2012a. Analisis Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental Stoikiometri Mahasiswa. Laporan Hasil Penelitian Hibah Disertasi Doktor 2012. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Sunyono. 2012b. Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (SiMaYang) dalam Membangun Model Mental Pebelajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Hal. 486 - 495.
Sunyono, 2013. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Press.
Sunyono, 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa.Disertasi Doktor. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Wiliani, N.O. 2014. Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Dukuhseti Pati. (Journal unnes.ac.id). 3 (1), 1-15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.