PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI ASAM BASA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH

Suci Yati Sari, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


The research and the development of the acid-base student worksheet based on scientific approach and response of the teachers and students about had been developed. After need analysis and planning, the preliminary study of student worksheet was developed. Then the preliminary field testing was done. The data was analyzed by using descriptive statistics. The results showed that suitability aspects of the content, construction, readability, and attractiveness have very high criteria and it was concluded that the student worksheet is very good product.

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada materi asam basa berbasis pendekatan ilmiah dan tanggapan guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Setelah tahap analisis kebutuhan dan perencanaan, dilakukan uji coba terbatas terhadap LKS yang dikembangkan. Kemudian melakukan uji coba terbatas. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan memiliki kriteria sangat tinggi dan dapat disimpulkan produk LKS yang dikembangkan sangat baik.

Kata kunci: asam basa, LKS, pendekatan ilmiah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran (LKS). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Musaropah, N. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Scientific Pada Sub Tema Gaya dan Gerak. Jurnal Pendidikan, 2 (2): hal (74-76).

Rohaeti, E., Widjajanti, E., dan Padmaningrum, R.T. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia untuk SMP. Artikel penilitian Jurusan FMIPA UNY.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sriyono. 2006. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipata.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim Penyusun. 2013a. Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2013b. Rasional Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Tim Penyusun. 2014. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Prosiding. Seminar Pelatihan penggunaan LKS mata pelajaran Kimia. Halaman 2-4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.