EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN GENERATING SKILL
Abstract
The study which was aimed to describe the effectiveness of scientific approach on acid base topic in increasing generating skill had been done. All of students in the IPA of the 11th grade of SMAN 1 Pringsewu for 2014/2015 academic year were population in this research. The sampel was taken by purposive sampling technique and it was obtained the 11th grade of IPA1 and IPA2 as research class. The method of this research was quasi experiment with non equivalent pretest-posttest control group design. The effectiveness of scientific approach was showed by the difference of n-Gain that was significant. Based on research data, it was obtained the average n-Gain of generating skill in experiment class that was 0.39 and in control class was 0.18. Based on hyphotesis testing result, it was concluded that scientific approach in acid base topic was effective to increase students generating skill.
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan generating skill. Seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pringsewu tahun pelajaran 2014/2015 merupakan populasi dalam penelitian ini. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA1 sebagai dan XI IPA2 sebagai kelas penelitian. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Efektivitas pendekatan ilmiah dilihat berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Berdasarkan data penelitian, diperoleh rata-rata n-Gain generating skill pada kelas eksperimen yaitu 0,39 dan pada kelas kontrol yaitu 0,18. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan generating skill siswa.Kata kunci: asam basa, generating skill, pendekatan ilmiahFull Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Anderson, L.W., dan Krathwohl D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches (Third Edition). London: Sage Publications.
Duron, R., Limbach, B., dan Waugh, W. 2006. Critical Thinking Framework for Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17 (2): 160-166.
Gunawan, I. dan Anggarini R.P. 2011. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan dalam Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Journal Premiere Educandum, 2 (2): 16-40.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Husamah dan Yanur S. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Indira, C. 2014. Best Practices Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 4 Sampit. Jurnal Kaunia, 10 (2): 141-151.
Liliasari. 2007. Scientific Concepts and Generic Science Skills Relationship In The 21st Century Science Education. Proceeding of The First International Seminar of Science Education, Bandung, 27 Oktober, hal 13-18.
Saputra, H. A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Mengevaluasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. (Skripsi). Bandar Lampung: Unila.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.
Tim Penyusun. 2013a. Rasional Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Tim Penyusun. 2013b. Permendikbud No. 69 tahun 2013 tentang Struktur dan Kurikulum SMA-MA. Jakarta: Kemdikbud.
Tim Penyusun. 2013c. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.
Tim Penyusun. 2013d. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.