EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBEDAKAN

Kesdik Tria Sayekti, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


The research to describe the effectiveness of scientific approach on acid base topic to increase differentiating skill has been done. The sample in this quasi experiment was taken by using purposive sampling and it was obtained the IPA1 and IPA2 of the 11th grade, from five the IPA of the 11th grade in SMA Negeri 1 Pringsewu for 2014/2015 Academic Year. The results showed that n-Gain average of differentiating skill in acid base topic in experiment class and in control class were 0.48 and 0.33, respectively. It showed that scientific approach learning in acid base topic was effective to increase differentiating skill.

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Sampel dalam penelitian kuasi eksperimen ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA1 dan XI IPA2 dari lima kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil menunjukan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,48 dan 0,33. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan membedakan.

Kata kunci: asam basa, keterampilan membedakan, pendekatan ilmiah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom dari SMA hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung : SPs-UPI Bandung.

Gunawan dan Anggraini, R.P. 2012. Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Penilaian. Jurnal PGSD 2 (2), 1-9. [online] ejournal.ikippgri madiun.ac.id/id/ node/405 [ 20 Januari 2015]

Gunawi,W. 2014. Penggunaan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Sensitivitas Siswa. Skripsi. FKIP Unila. Bandar Lampung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, A.C.S dan Irwan N. 2008. Bertualang di Dunia Kimia. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani.

Prilianti, R. 2014. Keterampilan Proses Sebagai Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran IPA. Semarang: Balai Diklat Keagamaan Semarang.

Salirawati, D. 2010. Optimalisasi Pendidikan Nilai/Karakter dalam Pendidikan Kimia Masa Depan. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Kimia UNY. Yogyakarta

Sari, A. N. 2014. Pembelajaran Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Sunyono. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Publishing.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun. 2013 a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013 b. Standar proses Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013 c. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013 d . Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.