EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN

Ria Dwi Yunita, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


The aimed of this research was to describe the effectiveness of scientific approach on acid base topic to improve planning skill. The population in this research was 166 students from all the IPA of the 11th grade in SMAN 1 Pringsewu for 2014/2015 academic year. This quasi experiment used non equivalent (pretest-posttest) control group design, with the IPA1 and the IPA2 of the 11th grade as the research class, where they were obtained by using purposive sampling. The result showed that the n-Gain average of planning skill in experimental and control class were 0.47 and 0.34, respectively. Based on the hypothesis testing result, it was concluded that learning with scientific approach on acid base topic was effective to improve planning skill.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Populasi penelitian sebanyak 166 siswa dari seluruh kelas XI IPA SMAN 1 Pringsewu tahun pelajaran 2014/2015. Metode kuasi eksperimen menggunakan non equivalent (pretest-posttest) control group design, dengan kelas XI IPA1 dan XI IPA2 sebagai kelas penelitian, dimana kelas penelitian tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 0,47 dan 0,34. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan merencanakan.

Kata Kunci: asam basa, keterampilan merencanakan, pendekatan ilmiah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan Edisi Ketiga. Bina Aksara. Jakarta.

Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi:Sage Publications.

Duron, R., Limbach, B., dan Waugh, W. 2006. Critical Thinking Framework for Any Discipline. Inter. J. Teach. Learn. Higher Educ., 17(2): 160-166.

Gunawi,W. 2014. Penggunaan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Sensitivitas Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Unila.

Hanafiah, K.A. 2011. Rancangan Percobaan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja-Grafindo Persada.

Hanafiah, N. & Suhana, C. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rofiah, E., Nonoh, S.A., dan Elvin, Y.E. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 1 (2): 17-22.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun. 2013a. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013b. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013c. Permendikbud No. 81 tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.